Home / Pendidikan / Rapat Dengar Pendapat Persiapan Pelaksanaan UNBK, Banyak Masukan Diterima Disdik
Yunus memberi masukan kepada disdik terkait RKB dan materi pembelajaran pada rapat dengar pendapat persiapan UNBK senin (27/3) lalu.

Rapat Dengar Pendapat Persiapan Pelaksanaan UNBK, Banyak Masukan Diterima Disdik

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam rangka persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMP maupun SMA, digelar rapat dengar pendapat pihak dinas pendidikan kota Batam dengan para anggota dewan komisi 4 DPRD kota Batam yang berlangsung di ruang rapat komisi 4 DPRD kota Batam, senin (27/3).

Hadir ketua komisi 4 Joko Mulyono beserta beberapa jajarannya seperti Bobby Alexander, Aman, Muhammad Yunus, Marlon Siahaan, Gandatiur, Riki Indrakari, kemudian dari pihak disdik kota Batam, dihadiri Kadisdik Muslim Bidin, sekretaris disdik Hendri Arulan, kasi kurikulum SMP Sularno, kasi kurikulum disdik kota Batam Raden Azmin, dan beberapa staf SKPD.

Banyak hal yang disampaikan dari para anggota rapat. Dalam hal persiapan UNBK, Muslim meminta untuk penyediaan 40 unit komputer untuk UNBK sekota Batam. Ia pun menyinggung masalah titipan siswa anggota dewan dimana tiap tahun menjadi polemik bagi masyarakat khususnya yang harus diterima oleh sekolah negeri, ia juga menyinggung tentang tenaga honorer.

Suasana rapat dengar dengar pendapat persiapan UNBK dewan komisi 4 DPRD kota Batam dengan dinas pendidikan kota Batam.

Dikatakannya di Batam mereka membatasi pemakaian guru honor, hanya di Hinterland saja yang masih banyak membutuhkan banyak tenaga pengajar, sehingga masih memakai guru honor.

“Sarjana PG SD hendaknya tak boleh mengajar sekolah SMA, khusus mengajar SD saja, ada 102 guru tidak tetap masih ada di Batam, saya juga meminta peningkatan anggaran untuk segala hal dalam pendidikan, jangan mengkotak-kotakkan guru yang mengajar di sekolah,” ungkapnya. Ia pun mengatakan disdik akan mulai memberlakukan sistim digital curiculum.

Riki menimpali akan mensurvei berapa kebutuhan sekolah akan unit komputer, ia meminta selain disdik memberlakukan digital curiculum, mereka diminta untuk menggalakkan FDS.

“Bila banyak bimbel yang laris, berarti sekolah ada masalah dalam KBM nya, lalu kurangnya RKB, dimana masih banyak sekolah, yang ada muridnya, tapi gedung sekolahnya tak ada,” ujarnya.

Baca Juga  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Untuk SMA Digelar

Harapan Joko, komisi 4 dan disdik bisa bersinergi berkoordinasi untuk melaksanakan visi dan misi walikota dalam hal memajukan pendidikan di kota Batam. Fasilitas UNBK diharapkan bisa meningkat, bila swasta memiliki 16 fasilitas, sekolah negeri pun diharapkan bisa memiliki minimal 12 tempat fasilitas UNBK. Disdik diminta segera mempersiapkan untuk segala sesuatunya sebelum PPDB, agar tidak kisruh seperti tahun-tahun sebelumnya.

Yunus menyanggah, ia membandingkan antara kebutuhan RKB dengan tekanan di masyarakat untuk penyediaan RKB. Ia juga mempertanyakan polemik siswa tak boleh beli LKS tapi diharuskan membeli fotokopian materi pembelajaran, mengapa hal itu sampai terjadi.

Lalu Sularno dalam hal ini menanyakan tentang konteks pelaksanaan UNBK, baik dari sesi pelaksanaan, waktu pelaksanaan yang meloncat harinya, yakni tanggal 2,3,4 dan 8 mei, pun ia mengatakan agar saat UNBK, nantinya tak bisa memakai fasilitas wifi.

“Sekolah harus memiliki jaringan server yang kuat, saya meminta penganggaran lab komputer, sekolah diharapkan memiliki lebih dari 1 lab komputer, penyediaan perluasan jaringan server, dalam hal ini keuntungan UNBK, bisa mengatur waktu pengerjaan ujian lebih cepat daripada manual,” urainya.

Terakhir, target kedepan, Riki meminta disdik, untuk tiap kecamatan memiliki satu unit UNBK secara mandiri, sehingga di tahun 2018 tiap kecamatan dan tiap sekolah sudah berbasis UNBK, dan mengharapkan disdik mengadakan MOU dengan sekolah swasta untuk pengantisipasian kekurangan murid, dan memberi kemudahan keringanan biaya khususnya bagi anak kurang mampu agar bisa bersekolah di sekolah swasta dengan pengoptimalan dana BOS sebesar 5% untuk pembiayaan tersebut. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *