Home / Internasional / Ragam Budaya Indonesia Mewarnai Pertemuan Tahunan IMF di AS
Rapat Koordinasi Persiapan Pertemuan Tahunan IMF WB 2018 di Bali Agustus lalu.

Ragam Budaya Indonesia Mewarnai Pertemuan Tahunan IMF di AS

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Dalam pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank 2017, Indonesia menampilkan berbagai budaya kepada para delegasi di Washington DC, Amerika Serikat. Para delegasi disuguhi kelezatan kopi Lintong dan Toraja, sembari dimanjakan dengan alunan merdu gamelan Bali. Selain itu, pengunjung juga diperkenalkan kepada berbagai kerajinan tangan serta destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Seluruhnya merupakan bagian dari Voyage to Indonesia, yang merupakan rangkaian kegiatan yang mempromosikan kekayaan budaya, keindahan alam, maupun ketahanan ekonomi Indonesia, menuju pelaksanaan pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali, dengan perkiraan kehadiran 15.000 delegasi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah menjadi momentum untuk menunjukkan kepada dunia internasional mengenai kondisi perekonomian Indonesia (dan kawasan ASEAN) yang stabil dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi global. Untuk menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan, BI telah melaksanakan formulasi kerangka operasional kebijakan moneter.

“Melalui sinergi kebijakan antarlembaga fiskal dan moneter, Indonesia telah berhasil meraih peringkat investment grade dari tiga lembaga pemeringkat internasional,” kata Agus melalui keterangan resminya di Jakarta, Kamis (11/10).

Seiring hal tersebut, Indonesia semakin menjadi tujuan investasi yang menarik. Berbagai kemajuan Indonesia di bidang ekonomi dapat semakin terangkat melalui rangkaian kegiatan Voyage to Indonesia.[m/sau]

Sambut Pertemuan Tahunan IMF – WB 2018 dengan Pemutaran Film

Sutradara film Livi Zheng mengatakan keramahan dan kehangatan penduduk menjadi salah satu alasan Bali layak untuk menjadi tempat penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 pada Oktober 2018.

“Warga Bali sangat ramah dan cepat beradaptasi terhadap para turis yang datang berkunjung ke Bali,” kata Livi saat ditemui di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB 2017 di Washington DC, AS, Sabtu(14/10/2017).

Baca Juga  Gunung Agung Masih Bergejolak

Untuk itu, Lizi mengajak semua peserta Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 untuk berkunjung ke Bali bersama teman dan keluarga, serta bertualang di negeri ini. Dalam kesempatan ini, Livi juga mempertunjukkan teaser film Bali: Beats of Paradise, yang rencananya diadakan pada 2018 di bioskop-bioskop AS, sebelum acara Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 di Bali. Livi menceritakan pengalamannya saat melakukan syuting film di Bali, karena membuat dirinya tidak berhenti terpesona dengan keindahan di pulau yang sudah terkenal seantero dunia tersebut. Menurut dia, kebudayaan dan tradisi masih sangat kental dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali sehingga melahirkan keunikan tersendiri.

“Bagi orang Bali hidup adalah sebuah perayaan. Setiap pagi kita bisa melihat orang Bali memberikan sesajen, ini adalah salah satu cara mereka merayakan kehidupan dan menjalankan ibadah,” katanya.

Masyarakat Bali, kata dia, juga mau belajar terhadap perbedaan serta mau mempelajari bahasa asing dalam menyambut tamu mancanegara.

“Baru-baru ini ke Bali untuk shooting film, dan banyak turis dari China. Orang Bali belajar dan bisa berbahasa Mandarin,” ujar sutradara yang sekarang menetap di Los Angeles, AS itu.

Selain itu, Bali mempunyai banyak budaya yang unik seperti upacara Ngaben yang berlangsung secara meriah, meski upacara itu merupakan upacara pemakaman. Bali juga memiliki sejumlah destinasi wisata utama dunia seperti Desa Penglipuran yang merupakan desa tradisional dan pura Tanah Lot yang terletak diatas bongkahan batu karang dengan tebing menjorok ke laut.

“Siapa pun yang telah berkunjung kesana akan terpesona dengan pemandangannya yang indah terutama di saat matahari terbenam,” sebut sutradara kelahiran Blitar, 3 April 1989 ini. [inilah/tar]

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Presiden Joko Widodo mengundang Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, untuk berkunjung ke Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *