Home / Daerah / Batam / Pulau Ngenang Dicanangkan Menjadi Kampung Tenun
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Marlin Agustina Rudi mencoba tenun saat Pencanangan Pulau Ngenang Kecamatan Nongsa sebagai Kampung Tenun.

Pulau Ngenang Dicanangkan Menjadi Kampung Tenun

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pulau Ngenang Kecamatan Nongsa dicanangkan sebagai Kampung Tenun oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Marlin Agustina Rudi. Pencanangan dilaksanakan dalam kegiatan pelatihan tenun di Pulau Ngenang, Selasa (2/5). Pelatihan tenun berlangsung selama dua pekan, hingga 15 Mei mendatang.

“Pulau Ngenang ini nyaman dan rindang, cocok jadi destinasi wisata, kampung tenun,” kata Marlin.

Akses menuju Pulau Ngenang pun dinilai cukup mudah. Hanya butuh waktu 10-15 menit dari pulau utama. Meski ada fasilitas yang perlu disiapkan, Marlin optimis 1-2 tahun ke depan Ngenang dapat jadi destinasi wisata andalan. Marlin menjelaskan, pelatihan diberikan sebagai salah satu upaya Dekranasda dalam meningkatkan keterampilan masyarakat. Tenun dipilih karena merupakan kearifan lokal Indonesia yang perlu dilestarikan.

“Dengan adanya tenun Batam diharapkan dapat mempromosikan Kota Batam kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Ia berharap peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. Marlin berjanji akan sering turun untuk melihat kendala yang dihadapi pengrajin. Ke depan, jika warga yang ikut pelatihan sudah mahir, Marlin berharap bisa menularkan ilmunya ke warga lain.

“Nanti ajarkan ke anak-anaknya. Tahun depan kita usahakan tambah alat,” kata istri Walikota Batam, Muhammad Rudi ini.

Kepala Bidang Perindustrian & ESDM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Januar Arif, melaporkan bahwa pelatihan tenun ini diikuti lima orang masyarakat Pulau Ngenang. Pelatih yang dihadirkan adalah pelatih tenun dari Sumatera Utara. Selain itu disediakan juga lima set alat tenun yang dapat digunakan langsung para pengrajin. (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *