Home / Daerah / Anambas / Pulau Anambas: Pulau Tropis Terindah se-Asia
Jernihnya air laut kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Pulau Anambas: Pulau Tropis Terindah se-Asia

… pada tahun 2012 lalu salah satu portal berita internasional mengangkat Anambas sebagai peringkat satu dalam daftar pulau tropis paling indah se-Asia, mengalahkan Koh Chang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Halong Bay (Vietnam) dan Similan (Thailand). Mantab Bukan?

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Anambas  Pulau Anambas adalah salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia bagian barat yang wajib untuk dikunjungi. Selain karena alamnya yang masih sangat asri, keindahan Pulau Tropis yang satu ini memang patut untuk diidolakan. Tertarik untuk mengetahui apa saja kehebatan Pulau Anambas?

Nama Anambas kini kian populer. Bagi para penikmat wisata pulau tropis dan pemandangan bawah laut, Pulau Anambas mungkin sudah menjadi top list yang harus di kunjungi. Tidak diragukan lagi jika pulau yang termasuk ke dalam wilayah administratif Provinsi Kepulauan Riau ini memang memiliki keeksotisan yang luar biasa. Bahkan pada tahun 2012 lalu salah satu portal berita internasional mengangkat Anambas sebagai peringkat satu dalam daftar pulau tropis paling indah se-Asia, mengalahkan Koh Chang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Halong Bay (Vietnam) dan Similan (Thailand). Mantab Bukan?

Letak Pulau Anambas

Peta Anambas Kepulauan Riau

Pulau Anambas terletak di Laut Cina Selatan pada bagian paling barat Indonesia. Pulau Anambas adalah pecahan dari Kabupaten Kepulauan Natuna yang saat ini secara administratif sudah menjadi Kapubaten Kepulauan Anambas.

Kepulauan Anambas terletak di Ujung utara Pulau Sumatera dan berbatasan dengan beberapa negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Filipina dan Vietnam. Ibu kota Kepulauan Anambas terletak di Kota Tarempa.

Anambas sendiri merupakan sebuah kepulauan dengan gugusan pulau-pulau yang lumayan banyak. Ada sekitar 255 pulau yang termasuk ke dalam Kepulauan Anambas. Dari 255 pulau tersebut hanya 26 pulau saja yang dijadikan pemukiman penduduk, artinya ada sekitar 229 pulau di Anambas yang tak berpenghuni.

Keindahan Pulau Anambas

Banyak yang bilang kalau Raja Ampat adalah primadona wisata bahari di Indonesia bagian timur, nah Anambas ini adalah saingannya yang berasal dari Indonesia bagian barat. Semenjak Pulau Anambas terkenal namanya karena mulai terekspos di banyak media, para wisatawan mulai berdatangan mengunjungi pulau ini karena penasaran akan keindahannya.

Pulau-pulau yang ada di Laut Cina selatan memang terkenal dengan keindahannya, mungkin kamu masih ingat dengan tulisan sebelumnya tentang Keindahan Pulau Natuna, disitu sudah di bahas mengenai keindahan wisata pulau tropis Indonesia yang ada di Laut Cina Selatan.

Keindahan Pulau Anambas mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta snorkeling. Biota bawah laut yang ada di sekitar kepulauan Anambas sudah sangat terkenal keindahannya bahkan sampai ke penjuru mancanegara.

Selain itu, pesona pantai-pantai di gugusan pulau Anambas juga terkenal keeksotisannya. Pasir putih halus yang terbentang landai serta air laut yang biru jernih pasti akan sangat menggoda para pengunjung yang datang untuk segera berenang.

Tips Berkunjung Ke Anambas

  1. Waktu yang paling bagus untuk berwisata ke Pulau Anambas adalah pada musim panas sekitar bulan April. Karena jika pada bulan-bulan musim hujan akan menyulitkan untuk melakukan perjalanan dengan kapal karena kondisi laut yang tidak menentu.
  2. Siapkan budget yang tebal, karena untuk menjelajahi pulau-pulau yang ada di Anambas harus menyewa speed boat dengan tarif yang lumayan menguras kantong.
  3. Leave nothing but picture and footprint. Jadilah traveler bijak yang selalu menjaga kelestarian alam.

Anda penasaran ingin tahu apa saja spot menarik yang terkenal di Anambas? Silahkan anda klik disini.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Perwakilan Kepri Mendapat Penghargaan di AKBN

HANGTUAHNEWS.CO.ID,  Bintan – Sanggar Seni Sang Nila Utama Kabupaten Bintan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *