Home / Nasional / Presiden Jokowi Mengungkapkan Kekecewaan Terhadap Raja Salman

Presiden Jokowi Mengungkapkan Kekecewaan Terhadap Raja Salman

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Cirebon – Hari kamis, tanggal 13 April 2017, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Haul Al-Marhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren 2017 di Pondok Buntet Pesantren, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Dalam pidato sambutannya di hadapan para kiai dan ribuan santri di pesantren tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan kekecewaannya terhadap Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang berkunjung ke Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Selain menghadiri Haul Al-Marhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet, Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Indoor Sport Hall dan Auditorium Mbah Muqoyyim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren, Kabupaten Cirebon.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Indoor Sport Hall dan Auditorium Mbah Muqoyyim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren, Kabupaten Cirebon, Oleh Presiden Jokowi.

“Saya sedikit agak kecewa,’’ ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengungkapkan, kekecewaannya terhadap Raja Salman tersebut terkait dengan besaran investasi yang dikucurkan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia. Menurut Presiden Jokowi, besaran investasi dari Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia jumlahnya jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan investasi yang ditanamkan pemerintah Arab Saudi di Cina.

Presiden Jokowi menyebutkan, investasi yang diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia adalah Rp 89 triliun. Meski angka tersebut besar, Namun Presiden Jokowi terkejut karena ternyata investasi yang ditandatangani Raja Salman dengan Pemerintah Cina mencapai Rp 870 triliun. Padahal, Presiden Jokowi mengaku sudah menyiapkan penyambutan yang sangat rapi untuk Raja Salman. Bahkan, saat hujan deras mengguyur Istana Bogor, ia memayungi langsung Raja Salman.

Tidak hanya soal itu, Presiden Jokowi juga mengemudikan sendiri mobil golf waktu membawa Raja Salman berkeliling Istana Bogor. “Padahal saya sudah mayungi (Raja Salman) waktu hujan. Kok dapatnya (investasi) lebih kecil,’’ kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengaku, akan mengupayakan agar Indonesia dapat memperoleh investasi yang lebih besar dari Pemerintah Arab Saudi. Beliau pun meminta doa dari para kiai yang menghadiri kegiatan Haul Al-Marhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet tersebut. (rep/sw)

Baca Juga  Disepakati Kerja Sama Arab Saudi-Indonesia Senilai Rp93 Triliun

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Menyapa Kota Bandung dari Gunung Batu Lembang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bandung – Lembang terkenal sebagai tujuan wisata bagi para pengunjung Kota Bandung. Meski jaraknya cukup jauh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *