Home / Daerah / Potensi Wisata Prasasti Pasir Panjang Karimun

Potensi Wisata Prasasti Pasir Panjang Karimun

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Karimun – Salah satu peninggalan sejarah melayu yang terdapat di Tanjung Balai Karimun, Propinsi kepulauan riau yang terkenal adalah Prasasti Pasir Panjang. Prasasti ini ditemukan di lereng bukit batu granit wilayah Desa Pasir panjang , terletak di Ujung Utara Pulau Karimun.

Prasasti Pasir Panjang merupakan peninggalan bersejarah yang diperkirakan berasal dari abad ke IX-X Masehi berupa batu tertulis. Ada juga yang berpendapat dari abad ke XI-XII Masehi. Terdiri dari tiga baris ditulis dengan menggunakan huruf panigara/nagari dan bahasa sansekerta. Teks Tulisannya berbunyi “ Mahayunika Galagantricacri” yang artinya “Pemujaan kepada Sang Budha melalui kakinya”. Kandungan isi dari prasasti Pasir panjang ini menerangkan, menunjuk tanda bahwa daerah di tempat di temukannya prasasti tersebut telah memiliki pemerintahan dan tata tertib yang teratur. Dengan kata lain, masyarakat setempat telah hidup di bawah payung hukum. Selain itu, prasasti Pasir Panjang ini juga menunjukkan bahwa daerah Karimun merupakan pos terdepan Kerajaan Sriwijaya untuk mengawasi jalur pelayaran di selat malaka.

Di atas prasasti tersebut juga ditemukan tanda tiga telapak kaki kiri raksasa, telapak kanannya dalam ukuran yang sama di temukan di suatu tempat di Singapura. Telapak kaki tersebut melukiskan Sang Budha yang menguasai dunia sedang berdiri menghadap utara dengan kaki kiri berpijak di Desas Pasir Panjang, Karimun, Kepulauan Riau dan kaki kanannya di Singapura. Artinya, kapal-kapal yang melintas di selat malaka berada di bawah kakinya. Ini merupakan simbol dari besar dan kuatnya kekuasaan Sriwijaya pada masa itu yang di perkirakan berpusat di Muara Takus.

Saat ini prasasti pasir panjang tersebut telah ramai dikunjungi oleh turis dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan banyak peneliti yang mempelajarinya. Selain itu, prasasti tersebut di anggap keramat oleh umat Budha sehingga banyak orang Tionghoa yang datang berziarah guna meminta keselamatan dan meminta berkahnya. Prasasti pasir panjang ini merupakan potensi wisata yang sudah dikembangkan dan dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Kabupaten Karimun. (melayuonline/karimuntourism/sw)

Baca Juga  Pantai Trikora Bintan Pesona Wisata Laut dan Pasir Putihnya

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Pawai Ta’aruf MTQ ke-IX Natuna Dipadati Ribuan Masyarakat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Natuna – Ribuan masyarakat Natuna dari berbagai belahan wilayah kepulauan di Natuna memadati halaman astaka MTQ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *