Home / Pendidikan / Politeknik Negeri Batam Siap Pasok Ahli Bidang Penerbangan
Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam Siap Pasok Ahli Bidang Penerbangan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Direktur Politeknik Negeri Batam Priyono Eko Sanyoto mengatakan lembaga tersebut siap memasok tenaga-tenaga ahli dalam bidang penerbangan untuk mendukung perkembangan industri tersebut di Batam.

Dr. Priyono Eko Sanyoto – Direktur Politeknik Negeri Batam

“Tahun ini kami berencana akan mulai membuka program Teknik Perawatan Pesawat Terbang. Karena persyaratan untuk tenaga industri penerbangan kini harus minimal D3, bukan SMA atau SMK lagi. Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi, Poltek Batam berkewajiban melakukan hal itu,” kata dia.

Ia mengatakan, keberadaan Politeknik Negeri Batam memang diperuntukan untuk memasok SDM terdidik bagi perkembangan industri di Batam.

“Untuk tahap awal kami akan menerima untuk tiga lokal yang masing-masing 24 mahasiswa. Artinya akan ada 72 mahasiswa tujuan tersebut,” kata Eko. Menurut Eko, Poltek sudah mengadakan kerjasama dengan Garuda Maintenance Facility (GMF) untuk menyalurkan lulusan jurusan tersebut.

“Kami juga sedang membicarakan hal serupa dengan Lion Air. Mengingat mereka sudah mulai membangun fasilitas perawatan pesawat di Hang Nadim Batam,” kata dia. Ia yakin jurusan baru tersebut akan banyak diminati lulusan SMA sederajat mengingat industrinya khususnya dari Lion Air Group sudah berjalan.

Selain itu, Politeknik Negeri Batam juga membuka kampus di Kawasan Industri Batamindo untuk mendekatkan diri dengan karyawan-karyawan perusahaan yang ingin melanjutkan pendidikan agar lebih efektif karena posisinya dekat dengan perusahaan.

Jurusan yang dibuka pada sekolah tinggi bekerjasama dengan Batamindo tersebut adalah D3 Akuntansi, D3 Teknik Elektronika, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Informatika.

“Jumlah SDM usia produktif dominan selama beberapa tahun mendatang berpotensi menjadi bonus demografi. Syaratnya, mereka harus memiliki keterampilan seperti yang diperlukan industri. Keterampilan yang dipersyaratkan tersebut hanya bisa diperoleh di lembaga pendidikan vokasi seperti Politeknik Negeri Batam,” kata Eko. (antara)

About admin

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *