Home / Politik / Polemik Cawagub Kepri Masih Dalam Proses di Pemerintah Pusat
Nurdin Basirun
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun.

Polemik Cawagub Kepri Masih Dalam Proses di Pemerintah Pusat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menilai wajar jika sejumlah anggota DPRD Kepri mencurigainya tidak peduli soal polemik calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri yang belum jelas hingga saat ini. Namun, Nurdin mengaku dirinya bukan tidak mengurusi Wagub ini. Ia beberapa kali menelepon langsung pihak Kemendagri untuk menanyakan perkembangan berkas Wagub Kepri itu. Bahkan, ia juga menyampaikannya ke Presiden RI Joko Widodo termasuk ke Setneg. Namun, jawabannya sama yakni, masih proses.

”Bahkan, saya saat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana, sempat menyinggung hal ini, bahwa saat ini masyarakat Kepri bertanya-tanya soal wagub. Sampai ke Setneg, katanya masih proses,” ujarnya, kemarin.

Terkait sikap sejumlah fraksi di DPRD Kepri yang akan memanggil Gubernur melalui hak interpelasi untuk mempertanyakan polemik Wagub ini, Nurdin mengatakan siap. Gubernur menyampaikan tak mempersoalkan sikap beberapa anggota DPRD Kepri atas rencananya untuk melakukan hak interpelasi atau impeachment (pemakzulan) terhadap dirinya.

Ia bahkan tidak mempermasalahkan hal tersebut, jika memang sudah menjadi hak DPRD memberikan kritik serta masukan terhadap dirinya sebagai Gubernur. ”Itu hak DPRD untuk bertanya. Tidak masalah. Saya yakin DPRD bukan untuk mencari kesalahan saya di sini,” tambahnya.

Selama ini, kata Nurdin, dirinya telah berusaha semaksimal mungkin untuk menindaklanjuti hasil paripurna pemilihan Wagub Kepri ke Mendagri. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa kali ia berkomunikasi langsung dengan pihak Kemendagri baik melalui telepon maupun surat resmi.

Nurdin juga menyebutkan, pernyataan Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono belum lama ini di Batam yang menyebutkan pelantikan Wagub Kepri akan dilakukan dalam waktu dekat, juga dianggapnya sebagai titik terang permasalahan Wagub Kepri selama ini. ”Jadi seharusnya tidak ditanya ke saya lagi. Tanya kesanalah (Mendagri). Kalau saya ditanya itu bolak-balik bingung. Tapi saya terima kasih, kalau (DPRD) mau bertanya akan kita jawab,” jelasnya.

Sebelumnya DPRD Provinsi Kepri menyatakan akan menggulirkan hak interpelasi atau impeachment (pemakzulan) terhadap Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Pengajuan hak interpelasi ini menyusul kekecewaan DPRD atas amburadulnya sistem administrasi Pemerintahan Provinsi Kepri serta sikap Gubernur Nurdin Basirun yang dicurigai tidak menginginkan adanya wakil Gubernur Kepri.(shd-tp)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengangkat Potensi Penyengat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *