Home / Peristiwa / Polda Kepri Mulai Berlakukan e-Tilang
Ilustrasi.

Polda Kepri Mulai Berlakukan e-Tilang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Polda Kepri mulai berlakukan tilang elektronik (e-Tilang) mulai Selasa (18/4) untuk menghindari pungutan liar dan memudahkan pelanggar lalulintas karena tidak perlu menghadiri sidang tindak pidana ringan di pengadilan.

“Sistem ini menghindarkan terjadinya pungli saat terjadi pelanggaran lalulintas. Karena dendanya itu ditransfer melalui bank,” kata Wadirlantas Polda Kepri AKBP, Widiyanto di Batam, Selasa.

Secara umum sistem e-Tilang diterapkan saat di jalan terjadi pelanggaran lalulintas. Petugas kepolisian menilang pengendara itu dengan aplikasi khusus sehingga pengendara tidak lagi diberikan surat tilang, untuk menghadiri sidang di pengadilan sesuai jadwal ditentukan.

Polisi yang menilang, akan memasukkan kesalahan-kesalahan pengendara dalam aplikasi khusus e-Tilang sesuai undang-undang yang berlaku. Dari aplikasi ini akan keluar besaran denda maksimal yang harus dibayar pengendara sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

Setelah itu pengendara diminta untuk menyetorkan sejumlah uang ke bank yang sudah ditunjuk, untuk membayar denda tilang. Selanjutnya kembali lagi ke petugas kepolisian menunjukkan bukti pembayaran.

“Sehingga pengendara tidak harus ikut sidang yang memakan waktu lagi,” kata Widiyanto.

Namun besaran pasti denda atas pelanggaran tersebut, kata Widiyanto, tetap ditentukan oleh hakim saat sidang tindak pidana ringan dilakukan.

“Kalau ternyata putusan hakim dendanya lebih rendah, maka uang denda pengendara akan dikembalikan ke rekening saat transfer denda,” kata dia.

Walau e-Tilang diberlakukan, Widiyanto berharap masyarakat agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

“Aturan ini dibuat untuk melindungi masyarakat dari segala hal macam bahaya saat berkendara. Aturan ini dibuat untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas. Tetap perhatikan tata cara berlalu-lintas yang baik dan benar,” kata Widiyanto.

Bagi petugas kepolisian, ia meminta agar tegas sesuai dengan SOP yang ada sehingga dapat mengamalkan cita-cita Kapolri, polisi bersih dari KKN. (antara)

About admin

Lihat Juga

Muslim Batam Jemput Ramadhan dengan Mengaji Massal

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Forum Silaturahmi Dewan Kemakmuran Masjid (Forsil DKM) mengadakan Batam Mengaji, Menjemput Ramadhan. Kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *