Home / Daerah / Batam / PIHPS Layanan Terbaru BI
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri Gusti Raizal Eka Putra.

PIHPS Layanan Terbaru BI

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Masyarakat kini bisa memantau harga sejumlah komoditas melalui hargapangan.id. Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional ini merupakan layanan terbaru Bank Indonesia yang diluncurkan pada Juli 2017 lalu. Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepulauan Riau (BI Kepri) pun turut andil dalam pemutakhiran atau update data di situs tersebut. Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan BI turunkan tim khusus untuk survei harga pasar setiap harinya.

“Kita pakai pihak ketiga. Timnya ada sekitar dua orang. Mereka turun setiap hari, Senin-Jumat,” kata Gusti, beberapa waktu lalu.

Tim lakukan pengecekan harga di beberapa pasar. Di antaranya, Pasar Aviari Batuaji dan Pasar Sagulung. Komoditas yang dicek harganya ada 10 macam. Yakni beras, daging sapi, telur ayam ras, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit hijau, minyak goreng curah, minyak goreng kemasan, dan gula pasir.

“Datanya ini kita kirim ke nasional. Kita update setiap hari,” kata dia.

Data di hargapangan.id ini juga bisa menjadi bahan acuan pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan terkait inflasi. Karena pada situs ini juga terpampang data harga komoditas di seluruh provinsi. Data ini bisa menjadi perbandingan antar daerah periode waktu tertentu.

Survei harga pasar tak hanya dilakukan oleh BI, tapi juga Pemerintah Kota Batam. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Zarefriadi mengatakan pihaknya cek harga pasar dua kali dalam satu pekan.

“Dua kali seminggu, Selasa dan Jumat. Di Pasar Botania, Aviari, Tos 3000, Mitra, Sagulung, Cipta Puri. Empat pasar tiap minggunya,” kata Zaref.

Menurutnya ada 24 bahan pokok penting yang dicek harga setiap kali survei pasar. Hasil survei ditampilkan di web resmi Disperindag, disperindag.batam.go.id. (mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Forum PLKP Kepri Berencana Membangkitkan Pariwisata Edukasi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (PLKP) Provinsi Kepri akan membangkitkan pariwisata edukasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *