Home / Daerah / Batam / PGN Mendirikan Taman Baca di Tembesi

PGN Mendirikan Taman Baca di Tembesi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Batam (Antaranews Kepri) – PT Perusahaan Gas Negara bekerja sama dengan Kelompok Perempuan Kreatif Mandiri (KPKM) mendirikan taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam.

Depatemen Head CSR PGN di Batam, Selasa mengatakan pendirian taman baca dan rumah baca di Tembesi Tower merupakan langkah PGN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

“Melalui taman bacaan dan rumah baca ini, kami ingin menumbuhkembangkan minat baca di kalangan masyarakat khususnya anak-anak di sekitar wilayah Kelurahan Tembesi, karena kita semua tahu bahwa buku adalah jendela dunia,” kata dia.

PGN berharap, masyarakat sekitar, khususnya anak-anak bisa meraih cita-cita yang lebih tinggi dengan fasilitas dan akses terhadap bacaan yang bermutu yang diberikan. PGN terus memperluas manfaat program Desa Binaan di wilayah Kelurahan Tembesi, dengan menambah fasilitas umum bagi warga masyarakat sekitar.

Agung menambahkan, selain mendirikan taman bacaan dan rumah baca, PGN juga berkomitmen mendorong pengembangan potensi masyarakat sekitar melalui program Desa Binaan PGN. Di Kelurahan Tembesi, pengembangan masyarakat dilakukan di 3 lokasi, yaitu di Tembesi Tower, Kampung Tanjung Gundap dan Pulau Lance.

Berbagai pelatihan dan penyuluhan diberikan kepada warga agar secara aktif terlibat dalam pengembangan potensi masyarakat sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kelurahan Tembesi. PGN telah melaksanakan Program Desa Binaan sejak tahun di sekitar wilayah operasional PGN, terutama di Desa/Kelurahan sekitar Offtake Station PGN.

Di tahap awal, PGN telah mengembangkan empat Desa Binaan yang masing-masing berlokasi di Kelurahan Tembesi, Batam di sekitar wilayah Offtake Station Panaran Desa Pagardewa, Muara Enim di sekitar wilayah Offtake Station Pagardewa; Desa Sriminosari, Lampung Timur di sekitar wilayah Offtake Station Labuhan Maringgai; dan Desa Teluk Terate, Serang di sekitar wilayah Offtake Station Bojonegara.

Kegiatan yang dilakukan di desa binaan di antaranya dimulai dari pemetaan sosial untuk mengetahui karakteristik tiap daerah dan kebutuhan dan potensi masyatakat daerah tersebut. Kemudian, PGN dengan melibatkan masyarakat bersama-sama membuat kelembagaan masyarakat yang menjadi wadah musyawarah pihak terkait di desa/kelurahan termasuk PGN dan penggerak ekonomi desa/kelurahan.

Selain itu, pelatihan-pelatihan serta penyuluhan-penyuluhan juga diberikan kepada warga untuk dapat menciptakan desa/kelurahan yang mandiri dan memiliki kualitas lingkungan yang baik. (YJN-ant)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *