Home / Pendidikan / Persiapan US, SD Batam Kota Melakukan Seminar Bedah SKL Tahun 2017
Dahlia Olga memberikan motivasi dan pengarahan seputar kisi-kisi 2017 sabtu (4/2) lalu

Persiapan US, SD Batam Kota Melakukan Seminar Bedah SKL Tahun 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam mempersiapkan US perlu adanya guru mempersiapkan diri dengan membuat soal-soal latihan bagi siswa kelas 6. Untuk itu, K3S Kecamatan Batam Kota menggelar bedah SKL SD kisi-kisi tahun 2017, sabtu (4/2), di SMP Muhammadiyah Plus pukul 08.00, dengan narasumber Dra. Dahlia Olga, M.Pd, dari Jakarta, yang merupakan pelatih modal pembelajaran kurikulum nasional, dan disponsori oleh penerbit Erlangga. Kegiatan tersebut dihadiri 200 guru kelas 6 SD se-kecamatan Batam Kota.

Dalam kesempatan sambutan sebelum bedah dilakukan, ketua K3S kecamatan Batam Kota, Yendri Sarman menyampaikan harapan agar kekompakan dan kebersamaan senantiasa terjaga, dan SD kecamatan Batam Kota bisa maju bersama. “Ini merupakan program K3S Batam Kota, sesuai dengan visi dan misinya mewujudkan Batam Kota yang solid, berkompetensi juga meningkatkan kualitas lulusan, dengan bedah SKL ini agar dapat memberi manfaat dan bermakna untuk dunia pendidikan, marilah Batam Kota maju selangkah di depan dari yang lain,” ujar Yendri.

Dilanjutkan dengan penyampaian motivasi dan materi kisi-kisi oleh Dahlia Olga. Kepada Hangtuah Pos, marketing komunikasi Erlangga Riau Kepri Wahyudi Arza mengatakan kegiatan bedah SKL ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada guru kelas 6 tentang pengetahuan standar kelulusan dan bedah kisi-kisi untuk persiapan US.

“Kisi itu sendiri adalah standar/arahan memberikan pengetahuan kepada siswa supaya lebih fokus kepada ujiannya, yaitu memberikan materi sub bidang mapel tertentu yang akan keluar pada US, dengan bedah SKL ini guru lebih efektif memberikan pelatihan kepada siswa kelas 6 dengan harapan meningkatkan standar kelulusan di kecamatan Batam Kota,” ungkap Wahyudi.

Rangkaian kegiatan bedah SKL kisi-kisi 2017 oleh Dahlia Olga, pengarahan dari ketua K3S Batam Kota Yendri Sarman, dan bedah SKL ini bekerjasama dengan penerbit Erlangga

Untuk kisi 2017, lanjut Wahyudi, baru digelar di kecamatan Batam Kota. “Dan kedepannya akan dikondisikan ke kecamatan yang lain dan Tanjungpinang, di Tanjungpinang akan dilaksanakan minggu ke 3 bulan februari, di kecamatan Batu Ampar minggu ke 4, kita prioritas kecamatan yang respon bagus maka akan diberikan bedah SKL ini, kita juga sudah koordinasi dengan disdik, dan disdik mendukung bedah ini bisa merata ke seluruh kecamatan,” terang Wahyudi.

Baca Juga  Persiapan Semester II K3S Kecamatan Lubuk Baja

Bedah SKL ini mengacu kepada kisi-kisi tahun 2017 yang dikeluarkan oleh pusat kurikulum nasional, dan kisi tersebut sudah di share ke website dirjen dikdas dan semua sekolah bisa langsung mengunduh, (kisi-kisi US 2017). “Bedah SKL dan kisi 2017 ini dilakukan free dari Erlangga, ini merupakan bentuk kepedulian Erlangga terhadap dunia pendidikan, Erlangga melayani ilmu pengetahuan,” imbuh Wahyudi lagi.

Pada jeda bedah SKL, Dahlia juga menyampaikan bedah ini diberikan agar guru bisa membuat latihan soal pada siswa yang menggunakan soal-soal berfikiran tingkat tinggi (HOTS). “Karena K-13 mengarah kesana. Pembuatan soal-soal tersebut mengarah ke SKL, dan bahan-bahannya dari pusat, soal bisa berubah setiap tahun, namun SKL ditetapkan oleh kualitas se-Indonesia hingga semuanya harus berpatokan pada SKL. Membuat soalpun harus dalam satu paket dalam RPP, dalam membuat RPP sendiri, itu bagaimana guru menjabarkannya dari silabus, bagaimana guru menampilkan materi tersebut di kelas sehingga siswa suka, berkembang dan memotivasi siswa untuk tertarik dalam materi pembelajaran tersebut. Hasil bedah SKL, diharapkan guru sudah punya pegangan untuk membuat soal,” ulas Dahlia. (dian)

About admin

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *