Home / Pendidikan / Persaingan Ketat SMK se-Kepri dalam LKS SMK Tingkat Provinsi ke XII tahun 2016
Para jawara LKS SMK tingkat propinsi kepri 2016

Persaingan Ketat SMK se-Kepri dalam LKS SMK Tingkat Provinsi ke XII tahun 2016

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam  Dinas Pendidikan Provinsi Kepri untuk ke 12 kalinya sukses menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK yang berlangsung selama 3 hari terhitung sejak selasa (25/10), yang dibuka oleh perwakilan gubernur kepri, yakni asisten gubernur kepri Samsul Bahrun, PHd, di Hotel Radisson Batam Centre. Kegiatan ini dihadiri oleh kadisdik Batam, kadisdik provinsi, komisi 4 DPRD, kepsek SMK se-provinsi, DPRD kota dan provinsi.

Penutupan acara diselenggarakan pada hari kamis (27/10) di tempat yang sama yaitu Hotel Radisson oleh DR. H. Muhammad Dali, MM, kabid Disdikmenti provinsi kepri dan dihadiri oleh Kasi Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Said Muhammad Idris, S.E.,M.Ak., Ketua Forum Komunikasi SMK se-kepri Baharudin Sitepu, M.Pd., Ketua MKKS SMK Kota Batam Mus mulyadi, S.Kep., MARS., R.N., CWCCA., Kasi Kurikulum Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Batam P.L. Tobing, M.Pd., Kepala SMK se-provinsi kepri, para dewan juri dari PPPPTK BOE VEDC Malang, Asosiasi Profesi, dan Dunia Usaha dan Industri, Ketua STIE GALILEO Batam M. Yamin, dan Humas UIB Robby Kurniawan.

LKS serempak di gelar di 7 titik, antara lain di SMKN 1 BATAM dengan 13 mata bidang lomba Welding, Electrical Installation, Graphic Design Technology, Software Application, CADD Building, Networking Support, Web Design, Electronic Application, Painting, CADD Mechanical Engineering, Animasi, Brick Laying, Wall and Floor Tiling. MKN 2 BATAM dengan 1 mata bidang lomba yaitu Tourist Industri. SMKN 3 BATAM, dengan 2 mata bidang lomba antara lain Automobile Technology dan Ladies Dress Making. SMK Kartini, dengan 2 mata bidang lomba, yaitu Accounting dan Visual Marchandising. SMK Terpadu Putra Jaya Batam, dengan mata bidang lomba Farmasi. SMK Kolese Tiara Bangsa dengan mata bidang lomba Secretary, terakhir di Balai pembibitan ikan Dinas Kelautan dan Perikanan, sebagai tempat lomba untuk Fishery. Total mata bidang lomba sebanyak 22 lomba, dan diikuti oleh banyak perwakilan SMK negeri dan swasta dari beberapa wilayah di provinsi kepri antara lain Batam, Tanjung Pinang, Bintan, Karimun, dan Natuna.

Pada acara penutupan LKS, yang dilaksanakan malam hari pukul 19.00, di kesempatan sambutan, ketua MKKS SMK se-kota Batam Mus Mulyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua instansi pemerintah daerah dan provinsi, sekolah sudah mendukung dan berpartisipasi hingga acara ini sukses dan meminta maaf atas segala kekurangan selama LKS berlangsung.

Rangkaian penutupan kegiatan LKS SMK Tingkat Provinsi ke XII tahun 2016 kamis (25/10) lalu

Sebelum menutup kegiatan LKS, Kabid Disdikmenti Provinsi Kepri DR. H. Muhammad Dali, MM, mengutarakan apreasiasinya kepada perguruan tinggi Galileo dan UIB yang sudah memberikan dukungan berupa pemberian beasiswa atas pemenang LKS SMK tersebut.

“Malam ini diumumkan hasil apa yang kalian (siswa, red) peroleh selama LKS berlangsung, ucapan selamat saya atas prestasi kompetensinya, dan kepada guru pembimbing yang sudah membimbing dari awal hingga akhir saya ucapkan terima kasih, juga kepada para kepsek yang sudah memberikan sumbangsih, dan saya nilai LKS tahun ini sudah sangat baik, namun masih harus terus konstruktif untuk perbaikan di tahun depan. Bagi yang kalah berbesar hati, kepada yang menang harus lebih mempersiapkan diri ke tingkat nasional, dan LKS tahun ini resmi saya tutup,” ujar Dali.

Acara dilanjutkan dengan persembahan tari-tari kreasi dan solo vokal dari siswa siswi SMK dan ditutup dengan pengumuman dan pemberian hadiah kepada pemenang. Dari hasil pemenang, SMK Batam bersaing ketat dengan SMK wilayah lainnya, seperti Bintan, Tanjungpinang dan Karimun, dan SMKN 1 dan 3 Batam tampak mendominasi juara.

Dalam kesempatan jumpa pers, Dali mengulas bahwa ini adalah kali ke 12 disdik provinsi kepri menggelar LKS SMK tingkat provinsi yang melombakan 22 mata bidang lomba selama 3 hari untuk menjaring kemampuan siswa yang terbaik dan akan maju ke tingkat nasional.

“Sementara masih belum ada keterangan di bulan apa dan dimana namun informasi sementara tahun 2017 dan perkiraan akan dilaksanakan di Bandung-Jawa Barat, oleh karenanya dalam upaya mengelola para juara siswa akan mengikuti TC/Tarining centre menjelang hari perlombaan tingkat nasional, setelah tingkat nasional ini akan menjaring lagi kemampuan siswa untuk diikutkan ajang World skill yang diadakan oleh kementerian pendidikan sedunia yang akan digelar di Abu Dhabi tahun 2017, sementara ada juga event kementerian pendidikan tingkat Asia yaitu Asean Skill, dan jawaranya akan diberikan beasiswa oleh negara,” ujarnya, ditambahkan oleh Kasi pembinaan SMK Muhammad Said bahwa TC sendiri dilaksanakan melihat dulu dari besarnya anggaran yang dipunyai pemerintah untuk membiayai, dan berharap tahun depan bisa lebih banyak sponsor yang membantu pelaksanaan TC dan LKS seperti tahun ini hingga tingkat internasional. (dian)

Baca Juga  Sumpah Pemuda Bertabur Siswa Berprestasi SMK Kartini Batam

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *