Home / Pendidikan / Perkemahan Besar Kwarcab Kota Batam ke 55 Tahun 2016, Scout Johor Malaysia Perdana Turut Serta

Perkemahan Besar Kwarcab Kota Batam ke 55 Tahun 2016, Scout Johor Malaysia Perdana Turut Serta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kembali Kepramukaan Kwarcab Kota Batam menggelar kegiatan tahunannya yaitu Perkemahan Besar Kwarcab Kota Batam ke 55 yang berlangsung selama 3 hari, Jumat (16/9) hingga Minggu (18/9) di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana Punggur Batam. Kegiatan perkemahan dibuka pukul 16.00 oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, SE, MM selaku ketua Kwarcab Batam, dihadiri oleh Danyon Marinir 10, Camat Nongsa, jajaran SKPD selaku Mabicab, Sekretaris Kwarcab Jefridin Hamid, serta Pengakap Johor Malaysia Yaacob Abdul Karim selaku Ketua pesuruh jaya negeri Johor / komisioner kwarda Johor Malaysia.

20160916_162559
Foto bersama Rudi, jajaran SKPD dan pengakap Johor-Malaysia serta para peserta Jambore nasional usai pemberian penghargaan

Perkemahan Besar (Kemsar) diikuti oleh 2.660 peserta dari SD kelas 6, SMP dan SMA/SMK/MA serta Mahasiswa, terdiri dari 864 peserta penggalang SD, 880 orang penggalang SMP, 608 orang penegak, dan 308 orang pembina, diantaranya ada 20 peserta dari Scout Johor Malaysia turut serta.

20160916_171114
Foto beramai-ramai Rudi dengan seluruh peserta Kemsar Batam

Dalam kesempatan sambutannya, Rudi menyampaikan pramuka harus tabah, setia kawan, mandiri, dan di musim hujan akhir-akhir ini peserta harus mempersiapkan diri. “Berani menghadapi tantangan di lapangan, dan tak lupa saya titip kepada para pembinanya jangan sampai terjadi masalah, yang masuk 2.660 orang, keluar pun harus genap 2660 orang, semoga berjalan baik dan selamat.” kata Rudi.

Dilanjutkan dengan Penyematan tanda peserta penggalang SD, SMP dan penegak oleh Rudi, penyerahan penghargaan kepada peserta yang berprestasi di Jambore nasional X 2016 Agustus lalu, disambung dengan tampilan tari dan morse khas melayu peserta Kwarcab Batam ditutup dengan tampilan marching band Al kautsar Batam yang mereka adalah peserta Jambore nasional X 2016.

Dalam kesempatan bincang dengan para scout johor malaysia, Rudi bertanya kepada salah satu pembina Scout tentang tingkatan pendidikan di Malaysia. Rudi mengatakan bahwa tahun ini satu kehormatan bagi kota Batam pada perkemahan besarnya, pihak dari Johor Malaysia ikut menyemarakkan dengan turut serta menjadi salah satu peserta, dimana merekalah yang ikut pula pada Jambore nasional X tahun 2016 agustus lalu di Cibubur, Jakarta.

20160916_171751
Foto bersama Rudi dengan scout Johor-Malaysia

“Ada rasa kebersamaan dalam Perkemahan Besar (Kemsar) tahun ini, tidak melihat usia, agama, suku, ras maupun negara, kita bersama bersatu, dalam pramuka kita bisa saling membantu, terima kasih dengan scout johor, dengan mereka kita bisa bersatu, memiliki hubungan baik, tak hanya serumpun namun juga bersaudara, tanggal 1 Agustus adalah hari kemerdekaan malaysia, bila Batam diundang kita akan hadir.” ungkap Rudi.

Ketika hangtuah pos menemui salah satu pembina scout Johor Malaysia yang merupakan kepsek di SMK Tengku Aris bendahara johor Malaysia Megd Mohd Nizar mengatakan sangat terkesan dengan walikota Batam Rudi yang penuh semangat atas kegiatan pramuka di Indonesia khususnya di Batam. Kita scout di malaysia juga aktif bahkan ikut Jambore nasional X Agustus lalu, di setiap sekolah kita mewajibkan selalu ada kegiatan pramuka, dan saya sangat terkesan dengan bapak Rudi, selaku ketua kepramukaan Batam beliau sangat bersemangat dan antusias, tahun ini kita perdana datang ke Batam dalam Kemsar ke 55 dan mudah-mudahan tahun depan kita bisa bergabung kembali.” ucapnya. (dian)

Baca Juga  Segudang Prestasi Kepramukaan SDN 03 Batu Ampar

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *