Home / Daerah / Batam / Peringatan Hari Asuransi : 2000 Pekerja Rentan Didaftarkan FKIJK Kepri ke BPJS

Peringatan Hari Asuransi : 2000 Pekerja Rentan Didaftarkan FKIJK Kepri ke BPJS

“Mereka yang di sebut pekerja rentan adalah para Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau pekerja yang berpenghasilan tidak tetap perbulannya dan hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari.”

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam  Momentum peringatan Insurance Day (Hari Asuransi) pada hari minggu 23 Oktober 2016, Forum Komunikasi Institusi Jasa Keuangan (FKIJK) Kepulauan Riau mendaftarkan 2000 pekerja rentan ke BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan tersebut pelaksanaannya dipusatkan di Batam Center. Mereka yang di sebut pekerja rentan adalah para Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau pekerja yang berpenghasilan tidak tetap perbulannya dan hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari.

Mengenai pembayaran angsuran per bulannya, para peserta ini ditanggung melalui dana CSR dari beberapa instistusi yang tergabung dalam FKIJK Kepulauan Riau.

Penyerahan Secara Simbolis Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan pekerja rentan oleh CSR FKIJK Kepri

Kata Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumbar-Riau Afdiwar mengatakan “Penyaluran dana CSR ini memang sangat tepat sasaran dengan diberikan ke dalam bentuk Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) kepada para pekerja yang membutuhkan, khususnya para pekerja rentan, terutama yang memiliki resiko pekerjaan yang cukup tinggi. Penyerahan bantuan CSR tersebut diberikan melalui Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Tenaga Kerja Rentan (GN Lingkaran) yang merupakan inisiasi BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada pekerja rentan melalui donasi dari korporasi maupun masyarakat umum.”

Dalam kesempatan itu Bantuan CSR diberikan secara simbolis kepada 6 orang pekerja rentan di Kota Batam. Afdiwar mengapresiasi inisiatif FKIJK Kepulauan Riau melalui himbauan yang disampaikan oleh OJK Kepri untuk menyalurkan CSR nya dalam bentuk perlindungan kepada pekerja rentan.

Afdiwar menambahkan untuk Kedepan CSR FKIJK berharap ada perusahaan atau instansi lain yang dapat mengikuti jejak CSR FKIJK dalam mefasilitasi para pekerja rentan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Para pekerja ini mendapatkan kepesertaan dua program jamsostek yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian selama tiga bulan pertama. Selanjutnya mereka bisa melanjutkan iuran sendiri bahkan bisa ditambahkan dengan program Jaminan Hari Tua (JHT) yang dapat disesuaikan dengan tingkat penghasilan setiap bulan.

Baca Juga  8 Strategi BPJS Kesehatan Agar Pembayaran Iuran Masyarakat Lancar

Hal senada disampaikan Achmad Fatoni, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Nagoya, Batam. Menurutnya, manfaat yang didapatkan jika mengalami kecelakaan kerja adalah perawatan dan pengobatan sampai sembuh dan santunan berupa uang jika mengalami kecacatan atau meninggal dunia, sementara itu jika meninggal dunia secara biasa ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar Rp24 juta.*** (mcpemko-sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *