Home / Daerah / Batam / Perhelatan Batam Menari Akan Diusulkan Menjadi Agenda Pariwisata Nasional
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama masyarakat Kota Batam dalam gladi bersih Batam Menari

Perhelatan Batam Menari Akan Diusulkan Menjadi Agenda Pariwisata Nasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Masyarakat Kota Batam tumpah ruah menghadiri perhelatan Batam Menari dan pasar wisata kuliner yang diadakan di sekitaran bundaran Badan Pengusahaan (BP) Minggu (8/4) malam.

“Saya datang dari jam lima sore tadi dan acara sudah ramai,” kata Ratna, di Batam, Minggu.

Ratna mengatakan sengaja datang sore hari untuk melihat penampilan artis dangdut ibukota Zaskia Gotik. Menurut dia kegiatan Batam Menari sangat bagus karena bisa melepas rasa letih setelah sepekan beraktivitas. Selain itu kata dia, di acara tersebut banyak jajanan pasar. “Kalau bisa kegiatan ini bisa dilakukan setiap bulan,” kata Ratna.

Sementara itu Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan kebanggaannya kepada masyarakat Kota Batam yang mau berkumpul untuk bersama-sama menarikan tarian Rampai Batam. “Batam menari dan pasar wisata kuliner merupakan simbol dalam menyatukan suara untuk sama-sama membangun Kota Batam,” katanya.

Lukita mengatakan Kota Batam merupakan miniatur Indonesia dan kegiatan Batam Menari bisa menyatukan masyarakat di kota ini.”Ini membuktikan Kota Batam adalah kota yang asyik dan menarik,” kata Lukita

Pada kegiatan tersebut kata Lukita jumlah peserta Batam Menari melebih target dan itu memperlihatkan masyarakat Kota Batam sangat antusias serta layak dikunjungi Wisatawan Mancanegara (Wisman) dan lokal. “Semoga kegiatan yang kita lakukan bisa terselenggara dengan baik hingga bisa memperbaiki perekonomian di Kota Batam dan Provinsi Kepri,” kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri, Buralimar mengatakan Pemprov Kepri sangat mendukung kegiatan Batam Menari. Buralimar yakin kegiatan tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Provinsi Kepri khususnya Kota Batam. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mengatakan semangat merupakan modal utama untuk memajukan perekonomian. Asman berharap masyarakat dapat meningkatkan keramahan untuk mendongrak kunjungan wisatawan ke Kota Batam. “Bandaranya juga harus bertaraf internasional sehingga bisa didarati pesawat dari Hongkong, Tiongkok dan Korea,” jelasnya.

Kementerian Pariwisata akan memasukkan perhelatan Batam Menari yang dilaksanakan Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam agenda pariwisata nasional jika digelar selama tiga tahun berturut-turut.

“Kementerian Pariwisata mengapresiasi upaya BP Batam menyelenggarakan iven pariwisata dalam skala yang mengagumkan,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, di Batam, Minggu malam usai kegiatan Batam Menari.

I Gde menambahkan kebersamaan masyarakat Batam membangun imej wisata budaya patut diacungi jempol. Karena kata I Gde panitia awalnya hanya menargetkan 16 ribu peserta namun yang mendaftar mencapai 21 ribu orang. “Ini momentum yang harus dijaga,” ujarnya.

I Gde mengatakan saat ini Batam tidak hanya mengandalkan industri untuk menumbuhkan ekonominya, tapi sudah melakukan pendekatan pariwisata. Menurut I Gde, apa yang dilakukan BP Batam sudah sangat tepat, karena sektor pariwisata dinilai sebagai cara tercepat dan termurah untuk membangun ekonomi.

“Batam harus terus menggali kreativitas untuk merancang iven-iven pariwisata yang menarik karena bisa menjadi mesin pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Menteri PAN-RB Asman Abnur meminta semua aparatur negara yang ada di Kota Batam bersinergi membangun sektor pariwisata. Karena pariwisata merupakan peluang besar untuk mendorong kembali perekonomian Batam kedepannya. “event-event pariwisata seperti Batam Menari harus dijadikan momentum untuk memperkuat kebersamaan bersama stakeholder dan masyarakat dalam menghadapi kompetisi global dan dalam negeri,” kata dia.

Asman berharap Batam Menari bisa dijadikan iven tahunan dan meminta Kementerian Pariwisata memberikan dukungan, agar event Batam menari bisa dilaksanakan berkelanjutan, dan menjadi icon wisata budaya Batam.

Tercatat di Museum Rekor Indonesia MURI

Perhelatan Batam Menari yang digelar Badan Pengusahaan (BP) Batam masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), bukan hanya karena memecahkan rekor saja namun dinilai memiliki misi ke depan.

“Ini bukan sekedar angka yaitu jumlahnya tapi ini ada misinya untuk membangkitkan semangat baru dan identitas budaya masya-rakat,” kata Senior Manager Muri, Yusuf Ngadri, di Batam, Minggu.

Yusuf mengatakan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Batam Menari yang dihelat BP Batam dinilainya sangat luar biasa. Menurutnya dengan jumlah peserta tari Rampai Batam dengan peserta terbanyak yaitu mencapai kurang lebih 21 ribu orang, sudah dipastikan dapat tercatat di MURI.

“Dengan bangga MURI akan mencatat Batam Menari ini sebagai rekor baru dalam perhelatan Tari Rampai Batam,” katanya.

Yusuf berharap perhelatan tersebut nantinya dapat menarik minat wisawatan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke Kota Batam. Karena Batam sudah memiliki salah satu destinasi wisata baru yaitu budaya. Kata Yusuf kegiatan itu nantinya bisa menjadi agenda tahunan sehingga dapat kembali mengeliatkan perekonomian di Kota Batam. “Ini ada misi besar ke depan dan yang paling luar biasa luar biasa adalah antusias masyarakat terhadap perhelatan ini sangat besar,” kata dia.

Sementara itu Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan acara tersebut diyakini dapat membangun dan mengairahkan kembali industri dan pariwisata di Kota Batam. “Selain perdagangan kita juga membangkitkan pariwisata dan ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Batam,” kata Lukita.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan artis ibukota Zaskia Gotik, Wali Band dan Angel Percusion serta pembawa acara Ivan Gunawan. Koreografer tari Rampai Batam, Guruh Soekarno Putra menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Batam yang antusias untuk menarikan tarian hasil karyanya.

“Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Batam yang bisa menerima hasil karya cipta saya mulai dari lagu, musik dan koreografinya,” kata Guruh.

Guruh berharap apa yang telah dilakukan BP Batam dapat dilanjutkan agar bermanfaat bagi Kota Batam atau Indonesia dan bisa dilakaanakan sebagai acara tahunan. “Kalau saya mimpinya Batam menjdi salah satu primadona tujuan wisata dan Batam bisa melambung setinggi-tingginya dari sektor pariwisata,” kata dia. (messa-ant)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *