Home / Daerah / Batam / Peresmian Kantor Dewan Pedidikan Kota Batam
Wali kota Batam, Rudi SE didampingi Wakil wali kota Batam, Amsakar saat meresmikan Kantor Dewan Pendidikan

Peresmian Kantor Dewan Pedidikan Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Demi kelancaran fungsi tugas dewan pendidikan kota batam periode 2016-2021, diresmikan kantor dewan pendidikan kota Batam yang berlokasi di jalan Ir. Sutami sekupang Batam, kamis (12/4/18).

Hadir walikota Batam H. Muhammad Rudi, SE, MM, wakil walikota batam Amsakar Achmad, S. Sos, M. Si, kadisdik kota batam Muslim Bidin, ketua dewan pendidikan kota Batam Sudirman Dianto beserta staf, ketua DPD RI propinsi Kepri Drs. H. Hardi S Hood. sekretaris LAM Batam Muhammad Sahir, ketua PGRI kota batam Rustam Effendi, kepala MUI kota batam KH. Usman Ahmad, Forum RT RW (FKTW) sekota batam, Forum persatuan Halo batam, camat sekota Batam, MPC Pemuda Pancasila kota batam, perwakilan kakankemenag kota batam, serta para kepsek sekota batam.

Adapun kantor dewan pendidikan kota Batam, kata Sudirman, merupakan pinjam pakai gudang arsip dinas pendidikan kota batam. Dan untuk dana operasional 2018, mereka mendapatkan bantuan hibah dari pemko, semua itu semata untuk memperkuat misi dewan pendidikan kota batam dalam menjalankan fungsi dan tugasnya.

Ia menjelaskan fungsi dewan pendidikan sendiri merupakan mitra kerja dinas pendidikan dan pemerintah dalam rangka memberikan kontribusi pemikiran, dan 5 fungsi utama dewan pendidikan sendiri adalah fungsi pemberi pertimbangan, pemberi arahan, pemberi masukan, bantuan tenaga dan sarana serta fungsi pengawasan, sesuai PP dan perda IV no 10 / 2010 serta SK walikota batam untuk melaksanakan 3 tugas, yakni menghimpun persoalan pendidikan yang ada di batam, menganalisa persoalan tersebut, dan merekomendasikan kepada walikota batam untuk dijadikan pertimbangan dalam mrngambil keputusan dan kebijakan terkait pendidikan.

Sedangkan Hardi selaku mantan ketua dewan pendidikan kota batam periode 1 dan 2 memberikan masukan agar kedepan, dewan pendidikan kota batam saat ini bisa meneruskan gerakannya Siap Aktif Bantu Sekolah (SABAS) yang dulu ia lakukan hingga mendapat piagam penghargaan atas usahanya tersebut meski dulu tidak memiliki kantor dan tidak mendapatkan alokasi dana APBD. Dijelaskan Hardi berangkat dari asal muasal dewan pendidikan adalah dari masyarakat sehingga tak ada dana alokasi dari pemerintah sehingga untuk membantu segala permasalahan pendidikan yang ada dikota batam saat itu tercetus SABAS PUSAKA dan SABAS PERMATA, yaitu pemberian beasiswa kepada siswa yang dananya didapat dengan upaya penggalangan dana di tiap sudut keramaian kota ada Tabung Amal Pendidikan, dimana masyarakat dengan ikhlas bisa memberikan sumbangsih untuk membantu pendidikan. Sehingga ia menghimbau kepada dewan pendidikan saat ini agar juga tidak tertumpu pada anggaran APBD dalam upaya membantu pendidikan dikota batam. Ia juga meminta agar dewan pendidikan bermitra baik dengan dinas pendidikan dan walikota. Diteruskan penyerahan piagam SABAS oleh Hardi kepada Sudirman.

Sedangkan Rudi sebelum meresmikan kantor dewan pendidikan kota batam, ia meminta kepada OPD yang hadir saat itu agar lulusan anak pulau bisa masuk universitas tanpa tes demi perubahan kemajuan pulau. Ia juga meminta seluruh pihak berkontribusi aktif dan ikhlas memajukan Batam terutama dalam hal pendidikan. Acara diakhiri dengan pemotongan pita oleh Rudi dan Amsakar meresmikan kantor dewan pendidikan kota Batam. (dianHP)

 

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengangkat Potensi Penyengat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *