Home / Daerah / Anambas / Peresmian Dermaga dan Kapal Penyeberangan di Kabupaten Anambas

Peresmian Dermaga dan Kapal Penyeberangan di Kabupaten Anambas

“Peresmian Dermaga dan Kapal Penyeberangan tersebut dapat membuka akses transportasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di Kecamatan Palmatak maupun Kecamatan Siantan Tengah, kabupaten Anambas, Kepulauan Riau.”

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Anambas – Hari senin 28 November 2016, Dermaga dan Kapal penyeberangan antara Kecamatan Siantan Tengah dan Palmatak , Anambas diresmikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sahtiar, SH.MM. Peresmian Dermaga dan Kapal Penyeberangan ditandai dengan pemukulan gong, kemudian Sekda Sahtiar melakukan uji coba pelayaran bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan rombongan. Berdasarkan penjelasan Sekda Sahtiar, kehadiran kapal penyeberangan tersebut dapat membuka akses transportasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di Kecamatan Palmatak maupun Kecamatan Siantan Tengah, kabupaten Anambas, Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Sekda Sahtiar juga mengatakan, “Sebenarnya yang akan dibangun itu tiga jembatan yang akan menghubungkan antara Kecamatan Siantan kecamatan Siantan Tengah, Siantan tengah ke Kecamatan Palmatak, namun dengan keterbatasan dana belum dapat dilaksanakan, dan hadirnya Roro penyeberangan ini menjadi salah satu solusinya.”

Masih dalam sambutanya, Sekda Sahtiar juga meminta Dinas Perhubungan untuk mencari regulasi yang tepat agar anak – anak sekolah yang menggunakan roro tersebut dapat digratiskan. Pada kesempatan itu juga, Mantan Kepala Dinas Perkerjaan Umum (DPU) KKA menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menjaga Kapal dan lainnya agar dapat dipergunakan dengan maksimal.

“Saya meminta kepada kita semua untuk bersama-sama melakukan pengawasan dari masyarakat agar aset berharga kita ini dapat dinikmati oleh masyarakat. Soalanya sudah ada beberapa kejadi seperti lampu rambu laut yang beberapanya hilang dan ini mesti kita jaga,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadinhub) Masykur mengatakan, kapal penyeberangan sudah mulai beroperasi sejak Kamis (24/11) dan respon masyarakat sangat baik terhadap beroperasinya kapal penyebaerangan tersebut. Pembangunan kapal penyeberangan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 7.6 miliar yang dikerjakan oleh PT Bintanika Jaya tahun Anggaran 2016. “Sebenarnya pengerjaanya pada tahun 2015. Namun karena keterbatasan dana, hal ini tidak dapat dilakukan,” ungkapnya.

Baca Juga  Dialog Investasi "Ayo Investasi di Kabupaten Kepulauan Anambas"

Lebih jauh Mantan Kabag Pembangunan Sekretariat Daerah KKA itu mengatakan, aktifitas kapal penumpang tersebut dimulai sejak pukul 06.00 WIB pagi sampai dengan pukul 18.00 wib. Kapal penumpang beraktifitas secara kontinyu dari pukul 6.00 wib pagi sampai dengan Pukul 8.00 wib. Sedangkan frekwensinya perjam dimulai dari pukul 08.00 wib hingga pukul 12.00 wib. Dari Pukul 12.000 wib kontinyu sampai dengan Pukul 14.00 wib Siang, dari Pukul 14 sampai dengan 16.00 kembali Perjam dari pukul 16.00 WIB sampai dengan 18.00 Kembali Kontinyu.

“Perlu disampaikan Fery (Kapal Penumpang) ini bisa dipergunakan 24 jam apabila terjadi hal-hal urgent maka dapat dipergunakan oleh masyarakat,”ungkapnya. Kapasitas angkut untuk kapal penumpang yang telah diresmikan operasionalnya dapat menampung sebanyak 34 sepeda motor dan penumpang, jika ada mobil sekelas Pick Up dan Minibus maka akan dapat menampung 10 motor dan 2 Mobil. Untuk harga tiket nya Rp 5.000,- untuk satu sepeda motor dan Rp 10.000,- untuk Mobil Pulang Pergi.

“Sampai dengan 31 Desember beroperasinya roro masih gratis. Namun kedepan untuk anak sekolah separuh harga atau hanya Rp 2000,- pulang pergi,” tutupnya. (hk/pemka-banambas)

Editor : SW

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *