Home / Serba-Serbi / Perekrutan Karyawan BP Batam Diperketat Disesuaikan Kemampuan dan Kebutuhan
Deputi 5 Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto

Perekrutan Karyawan BP Batam Diperketat Disesuaikan Kemampuan dan Kebutuhan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam terus melakukan pembenahan di internal salah satunya dalam merekrut karyawan yang semakin diperketat untuk mendapatkan orang-orang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan di institusi tersebut.

Deputi 5 Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto, di Batam, Senin, mengatakan pola perekrutan karyawan nantinya dilakukan seperti pemilihan duta BP Batam 2018. Menurutnya muda-mudi yang nantinya terpilih menjadi duta BP Batam tidak menutup kemungkinan akan diangkat menjadi karyawan.

“Seleksi-seleksi karyawan BP Batam akan saya buat seperti ini bukan terus duta BP Batam,” katanya.

Bambang menyatakan apabila suatu saat pihaknya memerlukan tenaga yang ahli di bidang teknik permesinan, programer, teknisi dan ahli hukum akan dilakukan sama seperti pemilihan duta BP Batam dengan beberapa tahapan. Mulai dari pendaftaran, pengiriman berkas lamaran secara online, pendaftaran ulang, wawancara, tes psikologi dan beberapa tahan lainnya. Dengan begitu kata Bambang BP Batam nantinya memperoleh karyawan yang berkompeten, unggul dan bisa bersaing dengan karyawan atau pegawai di instansi lainnya.

Khusus muda-mudi yang nantinya lolos menjadi duta BP Batam kata Bambang akan dikontrak selama setahun. Apabila dianggap cakap dan menguasai bidang-bidang yang dikerjakan, duta tersebut akan kembali dikontrak selama setahun.

“Kalau dia baik akan kita lakukan P2K (pegawai dengan perjanjian kerja) kalau dia mau dan kalau masih baik akan kita lanjutkan menjadi karyawan,” ujarnya.

Saat ini, kata Bambang, ada 14 orang muda-mudi yang telah lolos dan menjadi nominasi dalam pemilihan duta BP Batam dan memasuki tahapan karantina selama tiga hari. Mereka katanya akan dibimbing para profesional bidangnya untuk memberikan arahan kepada para nominator.

Selain itu, lanjut Bambang, mereka akan melakukan kunjungan ke mal-mal, media massa, pelabuhan, Bandara serta unit-unit pelayanan BP Batam, dengan tujuan mengetahui apa-apa saja yang dilakukan BP Batam.

“Mereka juga akan mendapatkan pendalaman mengenai kepribadian agar menjadi pribadi yang unggul dalam melakukan kegiatannya,” katanya.

Sehingga nantinya para duta dapat mempromosikan Kota Batam Provinsi Kepualauan Riau sebagai daerah industri, perdagangan dan pariwisata. Dari jumlah tersebut katanya akan dipilih 10 orang dan pada grand final akan diambil lima terbaik pada Sabtu (3/2) mendatang.

Sebelumnya 131 muda-mudi mendaftarkan diri sebagai duta BP Batam dan dari jumlah tersebut 87 orang mendaftar ulang pada Sabtu (20/1) kemarin. Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan pemilihan duta BP Batam dilakukan dengan tujuan mendorong pariwisata, investasi dan meningkatkan pelayanan.

Para duta BP Batam kata Lukita akan berada di garda terdepan untuk menjelaskan apa-apa yang dikerjakan para pegawai di lingkungan BP Batam. Lukita menjamin netralitas para juri agar penilaian dilakukan secara objektif sesuai dengan hasil wawancara. Para pemenang kata Lukita tidak harus berpasangan, para duta dipilih berdasarkan kemampuan dalam berkomunikasi dan memiliki wawasan serta pengetahuan mengenai BP Batam.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *