Home / Daerah / Batam / Perdana Gala Siswa Indonesia Menjaring Bibit Pesepakbola Sejak Dini

Perdana Gala Siswa Indonesia Menjaring Bibit Pesepakbola Sejak Dini

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam rangka pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tingkat Nasional pada tanggal 6 – 14 Oktober 2018 di Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan gelar kompetisi Gala Siswa Indonesia secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Untuk itu, untuk kecamatan Sekupang, Batam, telah dibuka kompetisinya di lapangan Sungai Harapan Sekupang, senin (12/3/18) dan berlangsung hingga jumat (16/3/18).

Hadir di pembukaan, kasi trantib kecamatan Sekupang, Reid Mutarsya, kepsek SMPN 25 Batam Bulkaini selaku koordinator GSI SMP kecamatan Sekupang, dan sejumlah perwakilan tenaga pendidik peserta GSI. Adapun GSI kecamatan Sekupang diikuti 5 sekolah yakni SMPN 25 Batam, SMPN 3 Batam, SMPN 20 Batam, SMPS Teramia, dan SMP Qur’an Centre.

Sebelum dibuka simbolik dengan tendangan bola oleh Reid, secara bergantian ia dan Bulkaini menyampaikan pesan kepada peserta agar bermain secara sportif dan mengikuti kompetisi dengan serius agar berhasil menjadi perwakilan hingga ke tingkat nasional.

Kepada Hangtuah Pos usai pembukaan, Bulkaini menjelaskan peserta GSI yang hanya 5 sekolah itu disebabkan pemilihan usia peserta GSI yang harus kelahiran 2004 kelas 7 atau 8, dan sekolah-sekolah di Sekupang rata-rata jumlah siswanya sedikit sehingga tak memungkinkan dibentuknya tim sepakbola.

Juga kendala anggaran sekolah yang terbatas menyebabkan sekolah yang lain belum bisa mengikuti GSI.  “Anggaran yang belum siap di sekolah tersebut sehingga di tahun pertama GSI banyak mereka memilih tak bisa ikut kompetisi dulu, juga masalah umur, dan sedikitnya jumlah siswa di sekolah tertentu, “terang Bulkaini.

Ia berharap dengan telah diselenggarakannya perdana GSI, kedepannya sekolah yang belum bisa mengikuti di tahun pertama bisa lebih mempersiapkan diri baik peserta maupun anggarannya. Serta mereka juga bisa mendapatkan bibit pesepakbola sejak dini dari adanya GSI. (dianHP)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Dua Investor China Langsung Tertarik Berinvestasi di Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dua investor Cina langsung tertarik untuk investasi di Batam begitu mendengar penjelasan tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *