Home / Pendidikan / Pentingnya PKL Bagi Siswa Sekolah Kejuruan
Wali Kota Rudi saat meninjau Convention Centre Batam Skills Development Centre (BSDC) SMK Negeri 1 Batam.

Pentingnya PKL Bagi Siswa Sekolah Kejuruan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Salah satu alasan utama orang tua dan siswa memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah ingin segera bekerja setelah lulus sekolah. Karenanya, menjadi tanggungjawab bersama semua pihak menyiapkan lulusan sekolah kejuruan ini bisa siap bekerja setelah menyelesaikan pendidikannya. Selain materi pendidikan yang harus menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, salah satu hal yang paling membantu menyiapkan siswa SMK bisa langsung kerja adalah program Praktek Kerja Lapangan, sebagai tahap awal mengaktualisasikan materi disekolah dengan dunia kerja.

Karenanya, berbagai literatur dan juga hasil penelitian menyimpulkan bahwa PKL memberikan manfaat yang banyak terhadap siswa sebagai langkah awal menyiapkan mereka memasuki dunia kerja, diantaranya :

  1. Sebagai bentuk pelatihan, yaitu melatih dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang disesuaikan dengan sarana dan fasilitas yang terdapat dalam industri. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional kedepan. sekaligus juga sebagai ajang pembuktian dan klarifikasi hasil pelatihan yang telah dilakukan selama di sekolah.
  2. Proses Beradaptasi, yaitu memberikan kesempatan kepada siswa PKL untuk dapat menyatukan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan wawasan kegiatan suatu bidang usaha, sehingga siswa dapat lebih percaya diri dan mandiri dalam perkembangan karir di masa yang mendatang.
  3. Pengalaman, yakni menjadi pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja dan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi. Sehingga benar-benar siap menghadapi dunia kerja.
  4. Mengenalkan Lingkungan Sosial, PKL merupakan proses mengenal siswa kepada dunia sosial san dunia kerja. Sehingga siswa tidak semata-mata mengenal dunia sekolah.
  5. Manfaat bagi dunia usaha, program PKL secara tidak langsung membantu industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademi.

Agar tujuan PKL itu sendiri tercapai, hendaknya siswa memilih tempat PKL yang benar-benar sesuai dengan jurusan yang diambil disekolah. Misalnya, siswa dari jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) harus memilih tempat-tempat yang sesuai untuk praktek kerja yang memang bergerak dibidang komputer dan jaringan.

Dengan demikian, siswa yang melaksanakan PKL dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki. Dimana secara langsung bisa mengimplementasikan ilmu yang ia miliki kedalam dunia kerja nyata.

Tips lainnya yang bersifat alternatif, yakni memilih tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah. Sehingga tidak perlu harus menyewa kost untuk tempat tinggal sementara selama melaksanakan kegiatan PKL. Dan yang tidak kalah penting adalah siswa merasakan bagaimana harus beradaptasi. bernegosiasi, bersosialisasi di lungkungan kerja

Jika pelaksanaan PKL ini betul-betul dijalankan dengan baik, maka dipastikan siswa lebih siap menghadapi dunia kerja, terlebih Provinsi Kepri yang berbatasan langsung dengan sejumlah negara luar penyiapan harus lebih kompetitif dibandingkan provinsi lain***(Simson Panjaitan ST, Guru di SMK Negeri 6 Batam)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *