Home / Politik / Pengamat: Wajar Demokrat Dominan Tentukan Cawagub Kepri

Pengamat: Wajar Demokrat Dominan Tentukan Cawagub Kepri

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Pengamat kebijakan publik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, Wahyu Eko Yudiatmaja menilai wajar Partai Demokrat lebih dominan dibanding partai pengusung HM Sani (almarhum)-Nurdin Basirun pada Pilkada Kepulauan Riau 2015 dalam menentukan calon wakil gubernur.

“Wajar (pilihan Partai Demokrat diakomodir), karena jumlah kursi di DPRD Kepri paling banyak dibanding partai pengusung lainnya,” tambahnya di Tanjungpinang, Kamis.

Menurut dia, dua nama Cawagub Kepri yakni Isdianto dan Agus Wibowo, yang diusulkan Gubernur Nurdin Basirun pada Jumat pekan lalu kepada DPRD setempat sudah diperkirakan publik sejak awal. Nama Isdianto dan Agus Wibowo mencuat ke permukaan sejak beberapa bulan lalu seiring dinamika politik yang terjadi selama proses pemilihan cawagub.

Isdianto dipilih Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerindra karena pejabat eselon II di Pemprov Kepri itu adik kandung dari HM Sani, mantan Gubernur Kepri. Hubungan keluarga dan pengalaman di birokrasi pemerintahan menjadi pertimbangan kelima partai pengusung HM Sani-Nurdin.

Sementara Agus Wibowo, pesaing Isdianto di DPRD Kepri, menjabat sebagai Ketua Partai Demokrat Kabupaten Bintan dan Wakil Ketua DPRD Bintan.

Penetapan Isdianto dan Agus sebagai cawagub berdasarkan hasil rapat partai pengusung pada 27 Desember 2016, yang dipimpin Nurdin Basirun. Nurdin memimpin rapat itu lantaran menjabat sebagai Ketua Partai Nasdem Kepri.

Dua nama cawagub yang diserahkan kepada DPRD Kepri itu menunjukkan bahwa Gubernur Nurdin menginginkan satu di antara dua figur itu sebagai pendampingnya.

“Hasil putusan partai, meski di tingkat provinsi, seharusnya menjadi dasar bagi pengurus partai di tingkat pusat untuk merespons secara positif, semata-mata untuk mempercepat proses pemilihan cawagub,” katanya.

Baca Juga  Ketua DPRD Kepri Minta Parpol Pengusung Penuhi Syarat Cawagub Sesuai Aturan

Wahyu Eko berpendapat proses pemilihan cawagub potensial terjadi politik uang. Publik dapat melihat dan menilai apakah selama proses pemilihan berlangsung normal atau terjadi politik uang. Ia mengingatkan pengurus pusat partai pengusung tidak mengambil kesempatan dalam proses penetapan hingga pemilihan Cawagub Kepri.

“Kami yakin selama proses pemilihan ini, aparat penegak hukum turut mengawasi untuk mencegah terjadinya politik uang,” katanya. (antara)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *