Home / Internasional / Penemuan Tengkorak Usia 6.000 Tahun Korban Tsunami di Papua Nugini
Tengkorak berusia 6.000 tahun di Papua Nugini. (foto:net)

Penemuan Tengkorak Usia 6.000 Tahun Korban Tsunami di Papua Nugini

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Tim peneliti internasional dari Universitas New South Wales Australia mengungkap penemuan tengkorak manusia berusia 6.000 tahun yang diduga sebagai korban bencana tsunami tertua di dunia.

Melansir dalam laman The Guardian, tengkorak yang sebelumnya ditemukan pada tahun 1929 di Kota Aitape atau tujuh mil di pedalaman pantai utara Papua Nugini itu, awalnya sempat disebut sebagai Homo Erectus yang meninggal 140 ribu tahun lalu. Namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut terungkap bahwa usianya 6.000 tahun, dan merupakan homo sapiens.

“Kami menemukan tempat tengkorak Aitape ini ditemukan merupakan laguna pasir yang pernah dibanjiri tsunami besar sekitar 6.000 tahun lalu,” kata James Goff, seorang tim peneliti.

Tsunami itulah yang kemudian terjadi lagi pada tahun 1998 dan menewaskan setidaknya 2.000 orang.

“Karena itu kami menyimpulkan tengkorak ini mungkin korban tsunami tertua di dunia.”

Tengkorak berusia ribuan tahun itu diketahui saat ditemukan hanya parsial atau tak utuh. Kuat dugaan, sisa belulang yang lain setelah habis dimakan buaya. Sebagaimana nasib para korban tsunami pada tahun 1998 di wilayah yang sama.(net*)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Presiden Joko Widodo mengundang Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, untuk berkunjung ke Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *