Home / Pendidikan / Pendampingan Kurikulum 2013 Guru Sekolah Dasar Swasta Sasaran Batam Kota
Rangkaian kegiatan pembinaan K-13 dan on-1 SD swasta sasaran Batam Kota beberapa waktu lalu.

Pendampingan Kurikulum 2013 Guru Sekolah Dasar Swasta Sasaran Batam Kota

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Adapun mempersiapkan pemerataan metode Kurikulum 2013 (K-13) di sekolah-sekolah dasar swasta, cluster B sekolah swasta kecamatan Batam Kota gelar kegiatan pendampingan K-13 di sekolah induk clusternya yakni SDS Matreiyawira, sabtu (5/8/17).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kegiatan pendampingan untuk guru dan kepsek mengenai pemakaian sistem Kurikulum 2013 dari arsip bantuan pemerintah pendampingan implementasi kurikulum 2013 jenjang SD.

Kepada Hangtuah Pos, senin (7/8/17), kepsek SDS Matreiyawira, Baharun Sudin mengatakan kepsek dan guru yang ikut pelatihan sebanyak 50 peserta dari 10 sekolah negeri swasta cluster B kecamatan Batam Kota, yang dibuka oleh kasi kurikulum SD kota Batam, Raden Azmin, S. Pd, MSi, , dimana SDS Matreiyawira sebagai sekolah induk cluster B wilayah kecamatan Batam Kota.

“Narasumbernya adalah bapak Wendra, M. Pd, kepsek SDN 17 Sagulung sekaligus instruktur K-13 dari provinsi Kepri, dan ini merupakan tindak lanjut dari pendampingan K-13 mei lalu di SMAN 3 Batam, yakni kegiatan in-1. Adapun teknisnya, antara lain penjelasan tujuan pendampingan, pendidikan karakter, manajemen sekolah, dan pemutaran film pembelajaran dan diskusi. Hasil yang didapat, mempersiapkan kegiatan on-1, seperti penjelasan tujuan materi pendampingan kepada guru SD sasaran, serta pengamatan RPP, media dan alat bantu pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Dan pengamatan tersebut untuk mempersiapkan keg on -1 dimana di on -1, guru mengobservasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan akan dievaluasi oleh pendamping,” papar Bahar.

Adapun pesan dari disdik kota Batam yang disampaikan Raden Azmin, lanjut Bahar adalah meminta para kepsek SD swasta mengambil langkah cerdas untuk mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir sehingga kegiatan ini bisa diterapkan dan berjalan dengan baik.

“SDS matreiyawira sebagai pendamping dan sekolah induk cluster, guru yang sudah mengikuti kegiatan on-1 bisa melakukan kegiatan on-2 kepada rekannya yang lain di sekolah masing-masing untuk menshare ilmu dari K-13 tersebut,” terang Bahar.

Selasa (8/8/17), kegiatan on-1 dimulai. Dari 9 sekolah yang lain, ada 2 guru model yakni guru kelas 1 dan 4, yang mengobservasi kegiatan pembelajaran dalam kelas dari hasil perumusan termasuk pendekatan scientific, literasi dan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Dalam kegiatan on-1, guru model sekolah induk cluster menyampaikan metode model RPP nya.

“Kegiatan on-2 di sekolah imbas masing-masing dilakukan tanggal 10 agustus. Sedangkan kegiatan in-2 akan dilaksanakan akhir agustus dengan kegiatan merangkum, mengevaluasi, dan membuat pelaporan kepada disdik, LPMP dan direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah kementerian pendidikan dan kebudayaan,” imbuh Bahar.

Hasil pelaksanaan kegiatan on-1, para guru sudah bisa memahami akan pelaksanaannya dan menguasai materi.

“Selanjutnya mereka akan melaksanakan on-2 di sekolah masing-masing atau sekolah imbas,” tutup Bahar. (dian) 

Rangkaian kegiatan pembinaan K-13 dan on-1 SD swasta sasaran Batam Kota beberapa waktu lalu.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *