Home / Peristiwa / Penanganan Banjir di Batam Masih Terkendala
Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur

Penanganan Banjir di Batam Masih Terkendala

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pada minggu ke du bulan Nopember ini, hujan sempat mengguyur Batam dalam beberapa hari. Curah hujan yang tinggi serta durasi hujan yang cukup lama sempat membuat titik-titik daerah yang rawan banjir di Batam mulai kembali di genangi air. Ruas jalan pun sempat sulit dilewati, seperti yang terlihat di jalan kawasan simpang Kabil, Kawasan Nagoya, dan terutama kawasan Batam Center.

Kepada wartawan, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, tidak ingin berkomentar banyak berkenaan dengan masih adanya beberapa titik kawasan yang digenangi air. Dirinya mengatakan bahwa sampai dengan saat ini belum mendapatkan informasi dimana saja titik-titik banjir tersebut terjadi.

“Saya belum dapat informasinya. Tapi kalau memang banjir, pastilah hujannya lebat,” kata Amsakar saat berada di Gedung DPRD Kota Batam,hari Selasa (7/11/2017).

Amsakar menegaskan, Pemerintah Kota Batam akan terus berupaya untuk menekan wilayah titik banjir yang ada di seluruh Kota Batam. Hal tersebut dilakukan dengan cara menormalisasi drainase di daerah – daerah yang dianggap rawan banjir. Menurutnya, program normalisasi drainase yang dijalankan oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur, telah mempunyai dampak yang signifikan pada pengurangan titik banjir di Kota Batam.

“Dengan adanya kegiatan normalisasi setiap hari, turun sampai 10 alat berat (tujuh alat berat baru), presentase penurunannya luar biasa,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur, mengatakan bahwa semula titik banjir di Batam berjumlah 57 titik. Dari 57 titik tersebut, 29 di antaranya sudah dapat ditangani.

Ditanya mengenai target penanggulangan banjir (Batam bebas banjir) pada tahun 2018 nanti, Yusmasnur masih merasa pesimis karena masih terkendala dengan kondisi keuangan pemerintah saat ini.

Baca Juga  100 RTLH yang Telah Siap Direhab Diserahkan Kembali Ke Pemko Batam

“Kami usaha maksimal untuk menghilangkan banjir. Tak bisa juga kami targetkan 2018 Batam akan bebas banjir, tapi ya tetap kami upayakan ke arah itu,” tutupnya. (dbs/editor:yd)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Muslim Batam Jemput Ramadhan dengan Mengaji Massal

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Forum Silaturahmi Dewan Kemakmuran Masjid (Forsil DKM) mengadakan Batam Mengaji, Menjemput Ramadhan. Kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *