Home / Pendidikan / Penambahan Tenaga Kesehatan Dan Pengoptimalan Wawasan Kader Posyandu Dalam Upaya Optimalisasi Program PAUD HI
H. Muhammad Musofa, SE Memimpin Rapat untuk finalisasi ranperda tersebut di ruang serbaguna kantor DPRD kota Batam, kamis (12/10/17).

Penambahan Tenaga Kesehatan Dan Pengoptimalan Wawasan Kader Posyandu Dalam Upaya Optimalisasi Program PAUD HI

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Menindaklanjuti penyusunan Ranperda PAUD HI minggu lalu, maka digelar kembali rapat untuk finalisasi ranperda tersebut di ruang serbaguna kantor DPRD kota Batam, kamis (12/10/17).

Hadir anggota DPRD kota Batam, H. Muhammad Musofa, SE selaku pimpinan rapat, Bommen Hutagalung, Ganda tiur Maritje, S. SH, Sallon Simatupang, SE, H. Firman Ucok Tambusai, SE, M. Si, Mukriyadi, S. Sos, dr. Idawati Nursanti, MM, lalu dari disdik kota Batam, Firdaus dan Muhammad Ali, Dinkes, Dinsos, satpol PP, DP3APPKB, BG HK, dan Bapelitbang daerah. Rapat kali itu merupakan finalisasi Ranperda PAUD HI yang belum tuntas minggu lalu, untuk kemudian menjadi acuan program OPD dalam pengoptimalan upaya pengembangan anak dari usia 0 hingga 6 tahun pada khususnya, dan 7 SKPD dilibatkan pertanggungjawabannya dalam hal tersebut. Dalam rapat, musofa mengharapkan perda yang terbentuk harus mengena pada sasaran agar tidak mandul dalam pengimplementasiannya, dan betul-betul dilaksanakan oleh pihak-pihak terkait.

Ia menyentil perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang akhirnya belum maksimal pengimplementasiannya maka ia menegaskan agar perda PAUD HI nantinya tidak sekedar perda tanpa tindak lanjut atau tidak maksimal seperti perda KTR.  Ida dan Sallon menambahkan peran orang tua harus dimaksimalkan dalam pengembangan anak, oleh karena itu musofa mengatakan bahwa hal tersebut perlu ada wadah dimana pengembangan anak yang dilakukan orang tua bisa dimaksimalkan dengan adanya peran pemerintah didalamnya, maka dengan adanya perda, program pemerintah kota dan daerah dapat berjalan maksimal karena ada pertanggungjawaban didalamnya.

Bahkan dalam perda pun dimuatkan pasal sanksi administrasi apabila perda tidak diimplementasikan dengan baik. Dari Dinkes pun mengatakan perlu adanya penambahan tenaga kesehatan yang benar-benar menguasai bidangnya untuk mengawasi jalannya program PAUD HI yang dilakukan kader posyandu saat ini.

Baca Juga  7 SKPD Akan Dilibatkan Dalam Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Usai rapat, kepada Hangtuah Pos, Musofa mengatakan mengenai anggaran program, 7 SKPD akan diberi, namun karena yang berperan utama di dalam lokus anggaran adalah Dinkes, maka anggaran akan dilimpahkan lebih banyak ke Dinkes, walaupun nantinya dari pusat, anggaran akan diturunkan ke Disdik untuk pengambilan DAK, dan perlunya turun tangan sekda untuk mengkoordinir program sehingga ada fokus terarah dari semua SKPD yang terlibat.

Lanjut Musofa, usai finalisasi ini mereka akan meminta kesediaan sekda kota Batam menaungi perda agar bisa dilaksanakan secara efektif oleh SKPD terkait, lalu diteruskan ke rapat pimpinan DPRD kota batam dan nantinya disahkan dalam rapat paripurna akhir bulan Oktober ini. Agar perda bisa dijalankan dengan baik, maka bukan kabid masing-masing SKPD yang akan ditambahi tugas menangani program, namun nantinya akan dibentuk satuan tugas yang khusus menangani program PAUD HI.

Irma dari Dinkes menambahkan perlunya penambahan tenaga kesehatan dan pengoptimalan wawasan kader Posyandu dalam upaya optimalisasi program PAUD HI, karena penanganan anak tidak hanya sekedar tentang tumbuh kembang secara fisik saja, namun juga dari segi mental dan intelijensinya. Maka kedepannya Dinkes berencana akan turut menggandeng dokter spesialis anak dan memberikan tambahan wawasan kepada para kader posyandu untuk penanganan anak lebih optimal. (dianHP)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *