Home / Pendidikan / Pemprov Kepri Siapkan 1.000 Komputer untuk Sekolah
Ilustrasi.

Pemprov Kepri Siapkan 1.000 Komputer untuk Sekolah

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Fasilitas komputer masih menjadi kendala seluruh sekolah di Kepri untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Mengatasi permasalahan komputer tersebut, Pemprov Kepri akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp5,4 miliar untuk pengadaan 1.000 unit komputer.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri Arifin Nasir mengatakan, saat ini pelaksanaan UNBK tingkat SMA se-Kepri telah mencapai 45 persen. Sedangkan tingkat SMK baru mencapai 35 persen. “Sisanya masih melaksanakan UNBKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil),” ujarnya di Batam Centre, Kamis (4/5).

Padahal, sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diharapkan setiap daerah sudah bisa melaksanakan UNBK.

Pelaksanaan UNBK harus dilaksanakan secara bertahap. Sebab tidak seluruh kabupaten/ kota memiliki fasilitas yang memadai, terlebih daerah Natuna, Anambas dan Lingga. Untuk itu, Disdik telah menyiapkan dana sebesar Rp5,4 miliar yang berasal dari APBD 2017 untuk pengadaan 1000 unit komputer tersebut. “Komputer akan disebar ke sekolah di seluruh kabupaten/ kota. Kami akan mengupayakan untuk daerah NAL dulu karena mereka sudah sangat tertinggal,” katanya.

Program pengadaan komputer akan dilanjutkan pada tahun anggaran berikutnya, dimana Disdik Kepri menargetkan pengadaan 4.000 unit komputer di 2018 dan 5.000 unit di 2019 dengan anggaran sebesar Rp20 miliar. Komputer tersebut akan disebar ke seluruh sekolah dengan jumlah ideal minimal sebanyak 25 unit setiap sekolah.
“Kita juga akan minta bantuan dari pemerintah pusat. Saya rasa, pusat pasti mau membantu. Apalagi untuk kemajuan dunia pendidikan,” kata Arifin.

Target pengadaan komputer ini juga telah mendapat persetujuan dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Selain itu, Disdik juga akan berkoordinasi dengan pihak lain terkait fasilitas pendukung seperti jaringan internet dan listrik. Pemprov juga mempunyai satu program yakni membangun jaringan internet berupa tower di daerah-daerah yang mengalami kesulitan jaringan seperti Natuna. “Saya rasa anggarannya tidak mahal. Tak ada salah kami anggarkan Rp2-3 miliar untuk peningkatan mutu pendidikan,” ujarnya. (sb)

About admin

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *