Home / Daerah / Batam / Pemprov Kepri Merencanakan Pembangunan 5 Sekolah Di Batam
Walikota Batam Muhammad Rudi meninjau lokasi pembangunan SMP di Botania, Batam Kota, Senin (25/9)

Pemprov Kepri Merencanakan Pembangunan 5 Sekolah Di Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, [Batam] – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berencana membangun lima sekolah lanjutan tingkat atas (SMA/SMK) di Kota Batam tahun 2018 mendatang. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan Pemerintah Kota Batam sudah mencarikan lahan untuk pembangunan sekolah tersebut.

“Tanahnya sudah OK. Tinggal Perkim (Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertamanan) untuk proses penerimaan aset,” kata Rudi usai meninjau lokasi pembangunan SMP di Botania, Batam Kota, Senin (25/9).

Adapun lokasinya tersebar di kecamatan yang berbeda-beda. Seperti di Batuaji akan dibangun satu SMA. Kemudian masing-masing satu titik di Sekupang, Batam Kota, dan Nongsa. Sementara di Bengkong sedang dicarikan lokasi lahannya.

“Sekarang lagi didudukkan dengan pemilik lahan untuk pembebasan lahannya,” kata dia.

Rudi mengatakan dukungan Pemprov Kepri dalam pembangunan sekolah baru sangat dibutuhkan di Batam. Pasalnya daya tampung sekolah yang belum mencukupi kebutuhan masih menjadi permasalahan bidang pendidikan.

Kebijakan senada juga sudah diterapkan Pemko Batam. Tahun depan Dinas Pendidikan diminta fokus pada penambahan sekolah dan ruang kelas baru. Guna memenuhi kebutuhan bangku sekolah.

“Untuk SLTA saya minta Pak Gubernur supaya lebih banyak bangun. Dan Dinas Pendidikan Batam sudah saya tekankan, agar anggaran 2018 di luar dana rutin pegawai, wajib dibangun sekolah baru dan ruang kelas baru,” kata Rudi.

Terkait masalah SMPN 28 di Taman Raya, Batam Kota, ia mengatakan perlu penanganan khusus. Lokasinya yang lebih rendah dibanding sekeliling membuatnya selalu kebanjiran saat hujan.

Karena itu untuk sementara siswa akan dipindah ke sekolah baru yang akan dibangun di Botania, tak jauh dari lokasi sekarang. Di Botania, Pemko Batam mendapat tiga kavling lahan dari pengembang Fanindo. Tiap kavling memiliki luas sekitar 5-6 ribu meter persegi. Lahan ini akan dibangun sekolah baru, salah satunya SMP.

Baca Juga  Batam Terus Memperkuat Diri Sebagai Daerah Tujuan Wisata

“Untuk selesaikan masalah di (SMPN) 28 agak berat. SMP 28 yang banjir kita bangun sekolah baru. Bukan berarti yang sekarang tidak diselesaikan. Kita selesaikan tapi bertahap karena uang kita terbatas. Akan kita bongkar dan bangun batu miring,” ujarnya.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *