Home / Pendidikan / Pemkot Pastikan Penerimaan Siswa Baru Bebas Pungli
Ilustrasi.

Pemkot Pastikan Penerimaan Siswa Baru Bebas Pungli

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, memastikan penerimaan siswa baru di sekolah negeri bebas dari pungutan liar.

“Pungut memungut oleh kepala sekolah atau guru tidak ditemukan. Nekad kepala sekolah atau guru memungut itu,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad usai melakukan kunjungan mendadak di sejumlah sekolah di Batam, Selasa.

Ia menegaskan, kepala sekolah dan guru sudah berkomitmen untuk menghindari perbuatan itu. Bila kedapatan menarik pungutan liar, maka langsung dicopot dari jabatannya.

“Kalau mereka buat itu, langsung ganti,” kata Amsakar.

Sejak awal pekan, wakil wali kota berkeliling sekolah guna memastikan ada tidaknya pungutan liar. Sekolah yang dikunjungi antara lain SDN 010 Batam Kota dan SMPN 52 sesuai laporan masyarakat.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, oknum di SDN 010 meminta bayaran Rp1,5 juta kepada orang tua siswa. Dana tersebut diserahkan ke anggota Komite Sekolah dengan alasan akan digunakan untuk pengerasan jalan di depan sekolah. Tapi setelah dikonfirmasi ke kepala sekolah dan komite, Amsakar menyatakan, kebijakan itu tidak ada.

Wakil wali kota juga langsung mengonfirmasi laporan terkait pungutan liar di SMPN 52 yang dilakukan oleh Komite Sekolah.

“Kepala sekolahnya sudah langsung menindaklanjuti. Ibu kepala sekolah bilang anaknya tidak akan diterima kalau ini tidak ‘clear’, maka diperintahkan dikembalikan,” kata dia.

Berdasarkan penelusurannya, oknum komite sekolah menerima masing-masing Rp1,5 juta dari empat calon wali murid. Dari dana itu, oknum tersebut sudah mengembalikan dana total Rp4 juta.

Amsakar menegaskan, anggota Komite Sekolah berjanji mengembalikan dana yang diterimanya kepada orang tua siswa. (antara)

About admin

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *