Home / EkBis / Pemkot Harap Kemensos Perbaiki Rumah Suku Laut
Ilustrasi

Pemkot Harap Kemensos Perbaiki Rumah Suku Laut

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau berharap Kementerian Sosial memberikan bantuan untuk memperbaiki rumah warga Suku Laut, terutama yang meninggali Pulau Bertam.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Hasyimah, di Batam, Rabu, menyatakan di Pulau Bertam terdapat 28 Kepala Keluarga yang membutuhkan bantuan perbaikan rumah.

“Di Pulau Bertam itu ada 28 KK. Dan kalau dibantu satu, semua harus dapat. Kalau dapatnya lebih, sisanya baru kita berikan ke daerah lain,” ujarnya. Ia mengatakan Pemkot Batam telah mengajukan program perbaikan 200 rumah di penjuru kota, termasuk untuk warga Suku Laut, dan berharap Kementerian Sosial meluluskan permohonan itu. Namun, bila pun tidak diluluskan sejumlah rumah yang diajukan, Pemkot tetap akan memprioritaskan perbaikan rumah Suku Laut.

“Jadi kami mengajukan untuk 200 rumah ke Kementerian Sosial tahun ini. Berapapun yang didapat, kami prioritaskan untuk suku laut,” ujarnya di Batam Centre, Rabu.

Hasyimah menyatakan perbaikan rumah untuk warga Suku Laut menjadi prioritas karena kondisi tempat tinggalnya yang hingga kini masih kurang layak. Ia mengingatkan bila satu rumah Suku Laut diperbaiki, maka seluruh rumah di lingkungan itu juga harus direnovasi untuk menghindari kecemburuan di antara warga.

Sayang, Pemkot Batam baru mengajukan anggaran untuk perbaikan rumah Suku Laut di awal 2017, sehingga tidak masuk dalam program di awal tahun. Meski begitu, Pemkot berharap pengajuan itu diluluskan dan masuk dalam APBN Perubahan 2017, atau selambatnya pada APBN 2018.

Menurut dia, program perbaikan rumah dari Kementerian Sosial itu berbeda dengan program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni. Bila bantuan RTLH mencapai Rp22 juta, maka bantuan perbaikan rumah hanya Rp10 juta. (antara)

About admin

Lihat Juga

BPIH Batam Ditetapkan Sebesar Rp 32 Juta di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk embarkasi Batam ditetapkan sebesar Rp 32.456.450. Besaran biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *