Home / Peristiwa / Pemkot Batam Sertifikasi 2.972 Pencari Kerja

Pemkot Batam Sertifikasi 2.972 Pencari Kerja

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau pada tahun ini akan menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi untuk 2.972 pekerja dan pencari kerja guna meningkatkan kemampuan dan daya saing masyarakat dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Kegiatan pelatihan pencari kerja, yang diterima 646 orang dan kegiatan peningkatan kemampuan sertifikasi, kuota yang diterima sebanyak 2.326 orang,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Batam, Ardiwinata di Batam, Kamis.

Pemerintah Kota membuka kesempatan kepada seluruh warganya untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi gratis itu sejak 7 Februari 2017. Dan menurut Ardi, hingga kini, panitia Dinas Tenaga Kerja sudah menerima 3.419 berkas dari warga yang berminat mengikuti program.

Terdapat 29 jenis pelatihan dan sertifikasi kerja yang disiapkan yaitu sertifikasi dan uji kompetensi welding inspektor pelatihan welder level II SMAW dan GTAW sertifikasi TWI pelatihan pengawas Scaffolding, inspektur rigger, pelatihan welder level I dan pelatihan drafter autocad. Sertifikasi dan pelatihan untuk enam jenis tersebut dibuka untuk dua kelompok, yang sedang bekerja dan yang berpengalaman.

Lalu pelatihan AK3 Umum, pelatihan K3 Migas, Pelatihan Medis, Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Jurnalis, Uji Kompetensi HRD Level Asisten Manager, Sertifikasi dan Uji Kompetensi Food and Bevarage, Pelatihan HRD Supervisor, Sertifikasi dan Uji Kompetensi NDT PT serta Sertfikasi dan Uji Kompetensi NDT MT.

Kemudian Sertifikasi dan Uji Kompetensi Bartender/Bartenderis, Sertifikasi dan Uji Kompetensi Barista, Sertifikasi dan Uji Kompetensi Bahasa Inggris, Sertifikasi dan Uji Kompetensi Curinary/Cook, sertifikasi dan kompetensi bidang perhotelan seperti house keeping, front office dsn Marketing, bidang agen tur travel seperti pemandu wisata dan front office dan bidang pariwisata lainnya seperti spa dan master dive, serta Pelatihan dan Sertifikasi Kepelautan SKK 30 Mil.

Baca Juga  Pengumuman Hasil Seleksi Pelatihan Bagi Pencari Kerja Tahun 2017

Untuk dapat mengikuti pelatihan itu, peserta tidak boleh pernah mengikuti kegiatan serupa dari Dinas Tenaga Kerja Batam, unisa 18-40 tahun dan pendidikan minimal SLTA, kecuali untuk pelatihan welder dasar dan motor tempel pendidikan minimal SMP dan HRD minimal D3.

“Tentu saja akan ada seleksi yang dilakukan panitia berdasarkan kelengkapan dokumen,” kata Ardi.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan Pemkot menganggarkan Rp15 miliar untuk membiayai pelatihan keahlian dan sertifikasi untuk tenaga kerja serta pencari kerja.

Pemkot merasa harus meningkatkan kemampuan pekerja agar mampu bersaing dengan pekerja asing yang datang ke kota itu dalam era MEA seperti sekarang ini.

“Memberikan pelatihan adalah cara kami menjawab tantangan persaingan pekerja,” katanya. (antara)

About admin

Lihat Juga

Pasien RSUD-EF Bisa Daftar Lewat SMS dan Daring

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pasien RSUD Embung Fatimah (RSUD-EF) kini bisa mendaftar melalui pesan singkat (SMS) dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *