Home / Daerah / Batam / Pemko Batam Mewacanakan Pembangunan Jembatan Batam-Singapura
Dirjen Kemendagri Sumarsono membuka Rakernas Adeksi di Batam, Selasa (6/3).

Pemko Batam Mewacanakan Pembangunan Jembatan Batam-Singapura

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam, melalui Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Amsakar Achmad melontarkan wacana yang pernah muncul tahun 2000-an. Pembangunan jembatan dari Batam ke Singapura kini dilontarkan Amsakar, dengan harapan, setelah Jembatan Batam-Bintan dilanjutkan Batam-Singapura bisa terkoneksi lewat jembatan. Konektivitas darat Batam-Singapura diyakini akan mendongkrak ekonomi Indonesia dan Singapura.

Penyataan itu dilontarkan Amskar Achmad, usai pembukaan Rakernas Adeksi pada hari Selasa tanggal 6 Februari 2018 kemarin di Batam. Wawako Batam mengungkapkan bahwa saat ini konektivitas Batam-Tanjungpinang dan Batam-Singapura sudah melalui laut. Untuk selanjutnya akan dibangun konektivitas melalui darat dengan membangun jembatan dari Sekupang ke Belakang Padang dan ke Singapura. Pemko Batam juga berkeinginan untuk membangun jembatan untuk konektivitas dari Batam ke Singapura.

”Sehingga bisa langsung dari Batam ke Belakang Padang dan Singapura. Itu akan menggerakkan ekonomi masyarakat lebih cepat,” jelasnya.

Masih menurut Wawako, perputaran ekonomi Batam akan lebih kencang dan properti akan naik penjualannya. Warga Singapura diperkirakan akan memilih menyewa rumah di Batam dibanding di Singapura. Jembatan itu juga dinilai bisa mendorong ASEAN bisa menyepakati mata uang bersama. Sama seperti Eropa yang disatukan dengan mata uang Euro.

”Kalau ada Jembatan Batam-Singapura, bisa langsung mobil ke Singapura. Euro diberlakukan, antar negara disana sudah terkoneksi. Jadi bukan tidak mungkin, kalau kita terkoneksi antara dengan Singapura, itu terjadi. Malaysia-Singapura kan udah terkoneksi juga lewat jembatan,” bebernya.

Walau biaya pembangunan disebutkan besar, namun dampak ekonominya lebih besar. Hal itu karena ada aktivitas industri dan parawisata kedua negara itu. ”Lebih besar dampak ekonominya. Tapi sekarang, biar lah lebih dulu Batam-Bintan,” imbuh Amsakar. (mar-tpip)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *