Home / Serba-Serbi / Pemko Batam Mempersiapkan Konselor Untuk Pegawai di OPD
Bimtek Konselor OPD Pemko Batam

Pemko Batam Mempersiapkan Konselor Untuk Pegawai di OPD

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mempersiapkan konselor di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diharapkan konselor yang disiapkan ini mampu memberikan konseling kepada pegawai yang mengalami masalah di OPD nya. Untuk mendapatkan konselor yang handal, Senin (16/10) digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Calon Konselor yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin.

Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, ia berpesan kepada seluruh peserta Bimtek agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Sebagai ASN yang menjadi calon konselor menurutnya harus memiliki sikap dan prilaku yang baik karena akan menjadi contoh bagi rekan kerjanya.

“Sebagai calon konselor seorang ASN harus mengetahui tiga tugas pokok dan fungsi seorang ASN. Perbanyak ilmu baik menyangkut aturan kepegawaian maupun keagamaan. Perbaiki dari diri kita dulu baru kita memberi nasehat pada orang lain,” ungkap Jefridin dalam sambutannya.

Ketua Panitia Kegiatan Bimtek Konselor, Suhaemi mengatakan Bimtek ini diawali dengan test kepribadian. Adapun tujuan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kota Batam menggelar Bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada calon konselor bagaimana menangani permasalahan pegawai baik menyangkut persoalan pribadi maupun pekerjaan. Bimtek ini menurutnya perdana dilakukan oleh BPSDM dan daerah lain belum melaksanakan.

“Kita mengambil langkah preventif untuk mencegah permasalahan semakin besar. Harapan kita kedepannya, persoalan yang berkaitan dengan perceraian dan disiplin diselesaikan di unit kerja terlebih dahulu,” jelasnya.

Setelah mengikuti test kepribadian baru bisa diketahui apakah pegawai yang mengikuti Bimtek Calon Konselor tersebut bisa menjadi konselor atau tidak. Mereka yang mengikuti Bimtek ini menurutnya adalah pegawai yang dianggap mampu untuk memberikan konseling nantinya. Adapun yang menjadi narasumber pada Bimtek ini Psikolog dari Provinsi Kepri, RSUP Tanjung Pinang dan Himpunan Psikologi Indonesia yang ada di Kepri. Kegiatan Bimtek berlangsung kemarin berakhir pada Jumat (20/10).

Baca Juga  Garuda Melayani Rute Penerbangan Batam - Jakarta Enam Kali Sehari

“Dari hasil test baru kita ketahui apakah pegawai itu berpotensi atau tidak menjadi konselor. Mereka nantinya harus memberikan laporan hasil konselingnya secara berkala, dari laporan itu akan kita lihat juga mampu atau tidak mereka sebagai konselor. Karena sebagai konselor sebelum melakukan konseling secara emosional harus mampu berdamai dulu dengan masalah sendiri sebelum mengatasi permasalahan orang lain,” harapnya.

Pembukaan kegiatan Bimtek Calon Konselor dihadiri oleh Sekretaris BPSDM Kota Batam, Hasnah. (kartika/mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *