Home / Daerah / Batam / Pemko Batam Membagikan 500 Paket Beras di Setiap Kecamatan
Pembagian 500 Beras Kecamatan Sagulung
Pembagian 500 Beras Kecamatan Sagulung

Pemko Batam Membagikan 500 Paket Beras di Setiap Kecamatan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Salah satu kegiatan Pemko Batam pada awal tahun 2017 ini adalah membagikan 500 paket beras untuk tiap-tiap kecamatan. Salahsatu yang telah dilaksanakan adalah pada hari kamis, 5 Januari ini Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad membagikan 500 paket beras gratis kepada masyarakat Kecamatan Sagulung di halaman Kantor Camat Sagulung. Setiap orangnya mendapatkan 5 kilo gram (kg). Pembagian beras gratis ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Batam, Sulaeman Nababan serta Camat Sagulung, Reza Khadafy dan Lurah se-Sagulung.

Sambutan Wali Kota Batam Amsakar Achmad

Dalam sambutannya, Wakil walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai sebuah terobosan dari Pemko Batam untuk mengentaskan angka kemiskinan serta menekan angka inflasi dikota Batam. Bahkan, untuk program pengentasan kemiskinan dari Pemko Batam sudah berjalan yang diantaranya adalah bedah rumah, bantuan raskin dan bantuan lainnya.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad juga mengungkapkan, beras gratis yang dibagikan terhadap masyarakat ini adalah beras dari hasil penangkapan pihak Bea Cukai batam. Karena sebelumnya pihak Pemko Batam dengan pihak Bea Cukai sudah melakukan kerjasama dengan penandatangan MoU di Dompak, Tanjungpinang, Kepulaun Riau (Kepri).

Jadi, apabila ada tangkapan pihak Bea dan Cukai (BC) akan langsung didistribusikan kepada 7 kabupaten kota seperti tertuang dalam perjanjian. Oleh karena itu, pendistribusian beras gratis ini dilakukan pihak kecamatan dan kelurahan yang dilanjutkan kepada perangkat RW/RT setempat yang telah mendata warganya. Dan untuk pembagian beras gratis ini dikhususkan pembagiannya kepada masyarakat yang pendapatannya menengah kebawah. Oleh karena itu, pihak Kecamatan harus betul-betul mendata warganya.

“Beras ini murni gratis tanpa APBD. Kemudian yang berhak mendapatkan beras ini harus betul jika pendapatanya menengah kebawah. Makanya, saya amanahkan kepada pihak Kecamatan dan kelurahan yang diteruskan ke perangkat Rt/Rw untuk mendata warganya,” kata Amsakar saat itu.

Penyaluran beras gratis dari Pemko Batam bekerjasama dengan Bea dan Cukai telah tersebar di seluruh Kota Batam, yang terbagi dalam 12 kecamatan. Setiap kecamatan disalurkan 500 paket dengan berat 5 kgper paket beras. (fbks/sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *