Home / Wisata / Pemko Batam Akan Membantu Infrastruktur dan Akses Wisata di Pulau Sekitar Batam
Even Lomba Sampan Layar di Belakang Padang

Pemko Batam Akan Membantu Infrastruktur dan Akses Wisata di Pulau Sekitar Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Disela-sela kunjungannya dalam rangka penyauran sembako murah di Kecamatan Belakang Padang, Walikota Batam, Muhammad Rudi berkesempatan mengajak masyarakat yang tinggal di pulau untuk berbenah dan mempercantik tempat tinggalnya. Hal ini guna menyambut wisatawan mancanegara khususnya dari wilayah Asia.

“Di Singapura, Korea, Jepang, Hongkong, nggak ada lagi yang kayak gini. Kalau mau menarik mereka ke sini, apa yang harus kita lakukan. Kira-kira mau kita apakan Pulau Pemping, Pulau Labun, pulau-pulau sekitar ini,” kata Rudi saat berkunjung ke Pulau Pemping Kecamatan Belakangpadang, Senin (6/11).

Menurut Walikota Batam, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat pulau untuk dapat menarik minat wisatawan mancanegara agar mau berkunjung ke pulau, masyarakat harus berbenah mulai dari sekarang. Misalnya dengan menyiapkan lingkungan yang layak untuk dikunjungi. Masyarakat yang berada di pulau dapat mengedepankan keistimewaan-keistimewaan apa yang ada di daerahnya masing-masing. Contohnya dengan tetap menjaga dan mempertahankan arsitektur rumah panggung berbahan kayu. Karena wisatawan asing biasanya mencari suasana yang alami, dan sudah bosan dengan bangunan beton.

“Pulau ini harus cantik. Bukan berarti harus beton. Malah kalau bisa pertahankan rumah kayunya. Saya lebih suka yang kayu daripada yang tembok, rumah tembok itu saya bosan lihatnya. Rudi saja bosan apalagi orang Singapura, Korea, Thailand, Hongkong, yang sudah biasa dengan mewah. Tapi ya rumah panggungnya yang bisa pasang AC, kalau mereka butuh angin ada jendelanya,” papar mantan anggota DPRD Kota Batam ini.

Pemerintah, kata Rudi, akan membantu dari sisi infrastruktur dan akses ke pulau. Pelabuhannya akan dibuat lebih bagus. Kapal antar pulau untuk wisatawan pun akan disiapkan pemerintah.

“Dua bulan lalu saya ditemui orang Hongkong. Di sana ada lelang kapal. Mereka mau bawa kapal ke sini. Bisa untuk wisata. Tugas bapak ibu siapkan daerahnya supaya ada yang jalan ke sini. Pemerintah hanya membantu. Kalau suasana enak, nginap dua malam pun mereka mau,” kata dia.

Pemerintah juga sedang membuka akses penerbangan langsung dari berbagai negara ke Batam. Dalam waktu dekat penerbangan Batam-Korea juga akan mulai dibuka. Dan ke depan akan diusahakan untuk negara-negara asia lainnya. (MCB/yd)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tahun 2018, 70 Persen Even Wisata Batam Berskala Internasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Event merupakan salah satu pilar yang tak kalah penting dalam pengembangan pariwisata. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *