Home / Serba-Serbi / Pemkab Karimun Harapkan Media Terverifikasi Dewan Pers
Ilustrasi.

Pemkab Karimun Harapkan Media Terverifikasi Dewan Pers

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Karimun – Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengharapkan seluruh media massa yang menjalin kerja sama publikasi pemberitaan dengan pihaknya, terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers.

“Kami mendorong semua media terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers, agar kerja sama yang telah terjalin dapat ditingkatkan. Pers sehat, Karimun kuat,” kata Kepala Bagian Humas Setkab Karimun Eko Riswanto dalam Dialog Bulanan Jurnalis Karimun dengan tema “Pers Sehat, Karimun Kuat” di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Senin.

Eko Riswanto memaparkan, berdasarkan konsultasi dengan Dewan Pers dan masukan berbagai pihak, setiap perusahaan pers agar dapat dipastikan menjalankan fungsinya sesuai Undang-undang Pers, maka harus terverifikasi secara administrasi dan faktual di Dewan Pers.

Untuk itu, pemerintah daerah berkeinginan agar seluruh perusahaan pers mulai secara bertahap melengkapi persyaratan agar bisa mendapat status terverifikasi faktual dari Dewan Pers.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi, kata dia, antara lain, berbadan hukum perseroan terbatas, wartawannya harus ada yang lulus Uji Kompetensi Wartawan/Jurnalis, serta karyawan dan wartawannya harus dilindungi dengan jaminan sosial di BPJS Ketenagakerjaan.

Berdasarkan catatannya, Pemkab Karimun melalui Bagian Humas telah menjalin kerja sama dengan 86 media cetak, elektronik atau “online”, dan semuanya sudah memiliki legalitas dengan badan hukum Perseroan Terbatas.

“Dari jumlah itu, baru satu yang terverifikasi secara administrasi, itu untuk media lokal. Kalau media yang memiliki kantor pusat, dan sudah terverifikasi di pusat tentunya cabang atau perwakilannya sudah terverifikasi pula,” katanya.

Meski demikian, kata Eko Riswanto, pihaknya belum menerima surat edaran atau kebijakan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi tentang aturan atau syarat-syarat baru terkait kerja sama publikasi pemberitaan dengan media massa.

“Memang belum ada, tapi saya yakin ke depan akan ada. Dan saya dengar, ada batas waktu dua tahun bagi seluruh media di Indonesia untuk verifikasi di Dewan Pers,” ujarnya.

Karena itu, kata Eko, pemerintah daerah berkeinginan seluruh media mulai melengkapi persyaratan untuk lulus verifikasi faktual di Dewan Pers. “Sehingga pers di Karimun benar-benar sehat, dan kerja sama yang terjalin dapat berlanjut sesuai dengan aturan tentang pers,” kata dia.

Dialog Bulanan Jurnalis Karimun dengan tema “Pers Sehat, Karimun Kuat”, merupakan agenda bulanan Humas Setkab Karimun dengan organisasi wartawan lokal “Jurnalis Karimun”.

Selain Eko Riswanto, dialog tersebut juga menghadirkan narasumber Kabag Bina Mitra Polres Karimun AKP Erisman, jaksa fungsional dari Kejaksaan Negeri Karimun, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam Muhammad Zuhri, dan puluhan pimpinan atau kepala perwakilan media massa di Karimun. (antara)

About admin

Lihat Juga

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *