Home / Daerah / Bintan / Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018
Bupati Bintan Apri Sujadi (foto:Net)

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada tahun 2018. Bupati Bintan Apri Sujadi, di Bintan, Sabtu, Badan Usaha Milik Desa memiliki peran yang kuat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan.

“Badan Usaha Milik Desa diproyeksikan dapat muncul sebagai sebuah kekuatan ekonomi baru di wilayah perdesaan. Karena itu, kami targetkan tahun 2018 sebanyak 36 desa di Bintan mampu memiliki Badan Usaha Milik Desa,” katanya.

Apri mengemukakan Pemerintah Bintan pada tahun 2018 menerima alokasi dana desa dari APBN sebesar Rp30,903 miliar. Selain itu, Pemerintah Bintan mengalokasikan anggaran dana desa untuk 36 desa untuk mempercepat pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penguatan ekonomi desa.

Dengan total keseluruhan Rp83,978 miliar untuk 36 desa, maka rata-rata perdesa memiliki dana Rp2,3 miliar. Badan Usaha Milik Desa harus mempunyai peran terkait pengelolaan dan pemanfaatan potensi atas perputaran dana desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bintan, Ronny Kartika mengatakan saat ini Bintan sudah memiliki 32 Badan Usaha Milik Desa. “Jadi hanya 4 desa lagi yang belum memiliki badan usaha,” katanya.

Ia merasa optimistia 36 Badan Usaha Milik Desa dengan manajemen yang profesional akan menjadi daya ungkit perputaran ekonomi di desa, yang pada gilirannya akan menyumbangkan pendapatan asli desa .

“Kalau desa sudah memiliki pendapatan asli desa, maka kades Kepala bisa membuat program-program baru seperti bantuan beasiswa kepada anak-anak desa yang melanjutkan sekolah, tambahan insentif kepada RT dan RW didesa serta program lain. Sehingga kelak ditargetkan seluruh desa bisa mandiri dan mampu menghidupkan rumah tangganya sendiri,” jelasnya. (niko-ant)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *