Home / Internasional / Pemimpin Dunia Kutuk Serangan Teror di London
Sejumlah polisi berjaga di depan Gedung Parlemen saat terjadi insiden penembakan di Jembatan Westminster di London, 22 Maret 2017.

Pemimpin Dunia Kutuk Serangan Teror di London

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Para pemimpin dunia mengutuk serangan teror di jantung kota London, Inggris yang menewaskan empat orang dan melukai sekitar 40 orang.

Dalam pidatonya usai serangan itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May menyebut serangan itu “sakit dan jahat”. Dikatakan May, tindakan pelaku yang memilih lokasi serangan di luar gedung parlemen merupakan penyerangan atas nilai-nilai demokrasi Inggris.

Para pemimpin dunia, seperti Kanselir Jerman Angela Merkel mengecam keras serangan teror itu. Dikatakan Merkel, Jerman berdiri teguh dan tegas di samping Inggris dalam perjuangan melawan semua bentuk terorisme. Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier juga mengeluarkan statemennya.

“Dalam momen berat ini, kami rakyat Jerman merasa sangat dekat dengan rakyat Inggris,” demikian disampaikan Steinmeier seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (23/3/2017).

Presiden Prancis Francois Hollande juga menyampaikan pesan solidaritas dan dukungan untuk rakyat Inggris. Dikatakannya, Prancis bisa merasakan kepedihan mereka usai serangan tersebut. Tiga pelajar SMA asal Prancis juga terluka dalam serangan tersebut.

“Prancis yang telah diserang begitu keras belum lama ini, tahu apa yang dialami rakyat Inggris hari ini,” ujar Hollande.

Gedung Putih juga mengecam aksi teror tersebut dan menjanjikan dukungan penuh pemerintah AS dalam merespons serangan dan mengadili mereka yang bersalah.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte juga mengecam serangan di London. Rutte mengaku terkejut akan serangan mengerikan itu. “Kota tersebut ada di hati kami. Kami mengikuti situasi tersebut dengan seksama dan terus berhubungan dengan otoritas Inggris,” ujar Rutte.

Sedangkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menekankan bahwa “Turki sangat merasakan kepedihan Inggris dan teguh dalam solidaritas dengan Inggris dalam perang melawan terorisme”.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga menyampaikan dukungan penuh bagi rakyat London dan penolakan tegas atas semua bentuk terorisme.

Baca Juga  Kronologi Serangan Teror di London

“Cukup sudah terorisme, cukup sudah perang, cukup sudah kekerasan. Kami mengecam terorisme dalam semua bentuknya dan mendukung para korban dan keluarga mereka,” ujar Maduro. (dtk)

About admin

Lihat Juga

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Presiden Joko Widodo mengundang Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, untuk berkunjung ke Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *