Home / Daerah / Bintan / Pemilihan Cawagub Harus Tetap Berjalan Walau Terkendala
Ketua Panlih Hotman Hutapea (kiri) bersama Wakil Ketua Panlih Widiastadi Nugroho (kanan)

Pemilihan Cawagub Harus Tetap Berjalan Walau Terkendala

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjung Pinang – Panitia Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Riau (Kepri), Hotman Hutapea, merasa ragu Gubernur Nurdin Basirun akan mampu mengajukan satu nama calon sebagai wakil gubernur karena keterbatasan waktu. Ia mengatakan (minggu, 19/11/2017) keraguan itu muncul dikarenakan waktu yang tersisa untuk mendapatkan rekomendasi dari partai pengusung terhadap Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang diusulkan hanya tersisa tiga hari lagi.

“Sulit dipercaya dalam waktu tiga hari, gubernur bisa mendapatkan surat rekomendasi dari lima partai pengusung,” ujarnya, yang juga fungsionaris Partai Demokrat.

Hotman mengemukakan bahwa DPRD Kepri sudah melayangkan surat yang ketiga kepada Gubernur Nurdin sekitar empat hari yang lalu. Surat itu bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada Gubernur Nurdin agar segera mengusulkan satu nama Cawagub.

“Usulan gubernur harus berdasarkan rekomendasi lima partai pengusung. Kami sudah memberi kesempatan selama tiga kali atau 21 hari kerja,” ucapnya.

Lebih lanjut Hotman menjelaskan bahwa partai pengusung HM Sani (almarhum) – Nurdin Basirun pada Pilkada Kepri 2015 yang lalu ialah Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa. Untuk saat ini, yang dianggap memenuhi baru persyaratan sebagai cawagub adalah Isdianto saja.

Panitia pemilih sendiri telah melaporkan seluruh perkembangan tahapan pemilihan kepada pimpinan DPRD Kepri. Bahkan, panitia pemilih telah berkoordinasi dan meminta pendapat hukum kepada Staf Ahli Bidang Hukum di DPRD Kepri untuk mencarikan solusi yang tepat agar proses pemilihan Cawagub ini berjalan secara efektif dan optimal tanpa menabrak peraturan. Dan, panitia pemilih sudah menerima pendapat hukum dari pakar hukum agar proses pemilihan tidak terhenti karena berbagai permasalahan yang ditemukan di tengah jalan.

“Setelah Rabu ini, jika gubernur belum menyerahkan nama yang diusulkan, maka kami akan rapat pleno. Kami akan melanjutkan tahapan pemilihan, meski hanya satu calon,” ucapnya.

Gubernur Nurdin Basirun baru-baru ini mengundang pengurus partai pengusung-nya untuk membahas permasalahan pemilihan cawagub ini. Kepada sejumlah pengurus partai pengusung, Gubernur Nurdin Basirun yang sekaligus Ketua Partai Nasdem Kepri menyampaikan bahwa ia menginginkan Rini Fitrianti sebagai cawagub. Namun pertemuan itu mengalami kegagalan kembali oleh karena tidak dihadiri pengurus Partai Demokrat Kepri. (Ant/yd)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *