Home / Nasional / Pemerintah Jokowi Bentuk Tim Khusus Akuisisi Saham Freeport

Pemerintah Jokowi Bentuk Tim Khusus Akuisisi Saham Freeport

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Pemerintah membuat sebuah tim khusus untuk mengakuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia. Tim ini akan meliputi Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN.

Staf Khusus Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin, menyebutkan tindak lanjut pembentukan tim ini sedang dilakukan di Kementerian ESDM. Adapun perwakilan dari Kementerian BUMN dalam tim khusus ini adalah Budi Gunadi Sadikin dan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno.

“Timnya baru diajukan dari BUMN ke ESDM kita tunggu formalnya belum dikeluarkan ESDM, tim negosiasi. Kami sudah ajukan usulan, usulan nama untuk bentuk timnya dari BUMN wakilnya siapa saya sama Pak Harry, tapi peresmian pembentukannya belum,” ujar Budi, di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Budi menambahkan, kesepakatan divestasi 51% saham Freeport memang harus dijalankan. Divestasi saham Freeport ditawarkan kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, dan BUMD.

“Yang ada di PP memang 51% divestasi ke Indonesia. Berdasarkan aturan kan nomor satu pemerintah, pemerintah daerah, ketiga BUMN dan BUMN daerah. Belum ditentukan siapa nanti yang akan ambil,” uhr Budi.

Budi mengaku, BUMN tambang siap menyerap 51% saham Freeport, karena mendapatkan restu oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno.

“Posisi Ibu Menteri kami ditugaskan kami siap. Tapi prioritas kami nomor tiga sesudah pemerintah dan pemda,” kata Budi.

Pembentukan tim khusus ini masih menunggu payung hukum berupa Surat Keputusan (SK) Menteri ESDM. Proses negosiasi divestasi saham Freeport akan terus dilakukan sambil proses pembentukan holding BUMN tambang.

“Timnya secara formal baru ajukan anggota timnya, tapi secara formal SK menteri belum keluar. Diharapkan seharusnya sudah selesai, jadi mengurusi ini saja sudah lama,” tutup Budi. (dtk)

Baca Juga  Luhut Dapat Memastikan Divestasi Saham Freeport Tuntas Pada 2019

About admin

Lihat Juga

Menyapa Kota Bandung dari Gunung Batu Lembang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bandung – Lembang terkenal sebagai tujuan wisata bagi para pengunjung Kota Bandung. Meski jaraknya cukup jauh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *