Home / Nasional / Pemberian Gelar Pahlawan Profesor Lafran Pane
Profesor Lafran Pane, Pendiri HMI

Pemberian Gelar Pahlawan Profesor Lafran Pane

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Koordinator Majelis Nasional Presidium Keluarga Alumni HMI (KAHMI) Mahfud MD mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada Profesor Lafran Pane yaitu pendiri KAHMI. Pemberian gelar tersebut di resmikan pada hari kamis, tanggal 9 November 2017. Pemberian gelar ini akan dilakukan di Istana Negara.
“Penganugerahan tanggal 9 November, Kamis ya. Di Istana Negara, Insya Allah saya juga datang,” kata Mahfud di hari selasa, 7 November 2017.

Mahfud menjelaskan, pengusulan Profesor Lafran Pane sebagai pahlawan nasional sudah dilakukan sejak lama. Ia menekankan syarat Lafran Pane bisa menjadi pahlawan nasional sudah bisa dilakukan sejak setahun lalu (2016).

“Pengusulannya dari daerah, naskah akademik juga sudah. Seminar sudah 27 di perguruan tinggi. Tahun lalu sudah memenuhi syarat,” lanjut Mahfud.

Kemudian, selain Lafran, pada Kamis lusa nanti akan ada tiga tokoh lain yang akan mendapat gelar pahlawan. Salah satunya Malahayati dari Aceh. Menurut Mahfud, beberapa nama yang akan mendapat gelar pahlawan berasal dari luar Jawa yaitu Sumatera. Kata dia, Lafran Pane juga diusulkan dari Pemerintah Daerah Sumatera Utara.

“Nanti bareng dengan tiga tokoh lainnya. Saya lupa tapi salah satunya itu Malahati. Lafran sendiri kan Melayu, dari Sumatera Utara,” ujarnya. (*)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

REI Mega Expo 2018 Digelar Bersama IIMS 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia atau REI bekerjasama dengan Dyandra Promosindo untuk kedua kalinya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *