Home / Pendidikan / Pembangunan SMK Negeri 8 Farmasi Diprediksikan Selesai Desember 2017
Gedung SMKN 8 yang masih dalam tahap pembangunan

Pembangunan SMK Negeri 8 Farmasi Diprediksikan Selesai Desember 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Diprediksikan Pembangunan gedung Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Farmasi di Sagulung akan selesai pada akhir tahun 2017 ini. Pembangunan unit sekolah baru (USB) oleh Pemerintah Provinsi Kepri ini pelaksanaannya saat ini sudah mencapai 80 persen.

Saat ini, para pekerja tengah melakukan pem-plaster-an tiang-tiang pondasi dan finising bangunan. Pengerjaan bangunan SMKN 8 Farmasi sendiri dikerjakan oleh CV Pormula Jaya dengan nomor kontrak 09.06/SPPP/DISDIK/VI/2017 dengan menelan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar. Proyek tersebut telah dikerjakan oleh CV Pormula Jaya sejak tanggal 19 Juni yang lalu, dan diprediksi akan selesai hingga tanggal 15 Desember mendatang.

“Iya pak, pengerjaannya saat ini sudah 80 persen. Kami sedang melakukan finising,” kata Bima, mandor pekerja di lokasi, Selasa pagi (7/11).

Namun demikian, lanjutnya, pihaknya (CV Pormula Jaya) hanya melakukan pekerjaan untuk pembangunan gedungnya saja. Sementara untuk pemasangan kramik, jendela dan pengecatan akan dilakukan oleh kontraktor lainnya.

“Kami hanya pembangunan gedung baru dua tingkat saja, dengan enam kelas dan empat kamar mandi pada bangunan tersebut,” ujarnya.
Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala SMKN 8 Batam, Rafio mengakui, jika selama ini memang banyak kendala yang terjadi karena para siswanya haru menumpang di SMKN 5. Tentunya berdampak dengan sistem belajar siswa yang tak maksimal karena harus masuk di siang hari.

“Memang jelas, sekolah yang kita tumpangi juga memiliki keterbatasan ruang belajar. Jadi kami berharap agar gedung SMKN 8 yang sedang dibangun secepatnya rampung agar bisa ditempati. Alhamdulilah, Kadisdik sudah tegaskan lagi akhir tahun harus rampung,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Arifin Nasir mengatakan, pembangunan SMKN 8 Farmasi akan siap pada bulan Desember mendatang, makanya digesa mengingat kebutuhan ruang kelas belajar para siswa-siswi SMKN 8 Sudah mendesak.

“Jika tidak ada halangan, akhir tahun ini harus selesai. Soalnya kasian anak-anak harus numpang terus di sekolah lain, apalagi fasilitas yang mendukung belum cukup menunjang kegiatan belajar-mengajar,” katanya.

“Tahun pertama ini siswanya belum terlalu banyak, namun kasian kalau harus numpang dan masuk siang belajarnya, pasti tidak efektif,” katanya.

Arifin juga menuturkan, pembangunan unit sekolah baru SMKN 8 dilakukan secara bertahap, dimana untuk tahap awal baru satu gedung berlantai dua. Ini sesuai dengan jumlah siswa yang diterima pada tahun ajaran pertama ini.

“Pembangunan gedung sekolah baru itu sudah berjalan maksimal. Pembangunan yang sudah digesa sejak dua bulan belakangan sesuai arahan pihak Disdik untuk bangun satu gedung saja tapi dua lantai nantinya,” katanya. (dhk)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *