Home / EkBis / Pembangunan Infrastruktur Harus Diiringi Kesiapan SDM
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani saat membuka Rakernas.

Pembangunan Infrastruktur Harus Diiringi Kesiapan SDM

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Gubernur H Nurdin Basirun sangat mendukung penguatan sumber daya manusia, dalam rangka menopang kemajuan usaha dan pembangunan. Karena persoalan sumber daya manusia juga menjadi syarat berkompetensi. Sumber daya manusia yang baik, akan melahirkan etos kerja tinggi.

“Kepri ini salah satu beranda terdepan Indonesia. Kita harus sukses membangun daerah ini, juga sumberdaya manusianya,” kata Nurdin pada Pembukaan Rakernas Kadin di Radison Hotel, Batam, Kamis (14/12).

Kondisi Kepri yang membentang dengan luasnya lautan, dan pulau yang banyak tak akan menyurutkan Pemerintah untuk terus membangun. Pemerataan pembangunan di Kepri harus terus dilakukan demikian juga dengan peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Gubernur juga sangat berharap, pembangunan infrastruktur antar pulau seperti jembatan Batam – Bintan, segera terealisasi dengan dukungan pemerintah pusat. Jembatan ini diyakini akan meningkatkan perekonomian daerah di Kepri makin baik. Satu sisi ini akan makin menguntungkan bagi para investor untuk berinvestasi ke Kepri.

Menurut Nurdin, di antara ratusan triliun kegiatan pembangunan infrastruktur untuk Sumatera, Kepri hanya meminta sedikit. Hanya Rp7 triliun untuk pembangunan jembatan itu.

Rakernas itu dibuka Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. Puan memastikan, setiap pembangunan yang dilaksanakan tidak bisa dilepaskan dari permasalahan sumber daya manusia. Karena persoalan sumber daya manusia, akan sangat menentukan keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan.

Rakernas itu juga dihadiri Menteri Pembangunan Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dakhiri, Ketua BP Batam Lukita D Tuwo, Walikota Batam Muhammad Rudi dan lebih 1000an peserta se-Indonesia. Rakernas itu mengambil tema “Membangun Daerah Dengan Meningkatkan Sumber Daya Manusia Untuk Memajukan Perekonomian Indonesia Yang Berkeadilan”.

Puan menejalaskan, membangun sumber daya manusia harus dilaksanakan secara menyeluruh. Makanya harus disisir seluruh potensi anak bangsa untuk bisa dididik dan diarahkan, agar mereka bisa memiliki kemampuan.

“Ini yang terus kita laksanakan dalam membangun sumber daya manusia di Indonesia,” jelas Puan Maharani.

Masih kata Puan, selain membangun sumber daya manusia, prioritas meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga tidak lepas dari program yang terus dilaksanakan pemerintah. Diharapkan dengan masyarakat sejahtera, memiliki ketrampilan, pembangunan berkeadilan bisa kita wujudkan.

Sedang Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani sangat menginginkan penguatan pembangunan sumber daya manusia. Karenanya pelatihan terus dilaksanakan dan bekerjasama dengan banyak pihak.

“Semua itu dalam rangka melahirkan sumber daya manusia yang bisa menunjang pembangunan, demi bangkitnya perekomomian kita,” jelasnya.

Senada Ketua Panitia Pengarah Anindia Bakrie juga berharap, kalau Kadin berkomitmen bisa terus memberikan kontribusi kemajuan, bagi perekonomian Indonesia. (kepriprov)

Foto bersama.

About admin

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *