Home / EkBis / Peluang-peluang Kerja yang Tak Akan Terkikis di Era Teknologi
Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

Peluang-peluang Kerja yang Tak Akan Terkikis di Era Teknologi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, dimasa yang akan datang akan banyak pekerjaan yang hilang dan digantikan oleh mesin di saat perkembangan teknologi semakin canggih. Disebutkannya, di era digital, jumlah peluang kerja baru pun akan terkikis di sektor-sektor tertentu.

Namun, Bambang menekankan, masih ada profesi yang akan tahan terhadap perubahan teknologi di masa depan. Ia menjabarkan, di sektor konstruksi misalnya, yaitu profesi arsitek, manajer konstruksi, teknisi pengawas, hingga pekerja konstruksi akan tetap ada di era digital. Lebih lanjut, dia mengatakan, untuk tenaga pengajar seperti guru dan dosen juga merupakan profesi yang tetap diperlukan. Meskipun saat ini sudah ada teknologi di universitas, belajar dengan jarak jauh.

“Karena tidak mungkin, yang mengerjakan jalan itu robot. Ini sektor ini masih butuh orang. Tetap beda rasanya mendengarkan kuliah lewat televisi, video conference dibanding dengan mendengarkan kuliah langsung dari orangnya, ” kata Bambang di Jakarta, Rabu 21 Februari 2018.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, ditegaskan Bambang, dokter masih belum bisa digantikan oleh teknologi. Termasuk, di dalamnya perawat, ahli farmasi dan tenaga medis. Pada 2045, Bambang mengungkapkan, jumlah angkatan kerja Indonesia akan mencapai 172 juta jiwa. Saat itu lah, sumber daya manusia di Indonesia harus diri menghadapi era ekonomi digital dan canggihnya perkembangan teknologi, sehingga tidak makin banyak pengangguran.

“Kemudianm untuk level manajer tentu tetap diperlukan apakah manajer keuangan dan lainnya. Untuk profesional adalah teknik, ahli matematika tetap diperlukan,” kata Kepala Bappennas.

“Dan apapunm mudah-mudahan 172 juta orang angkatan tenaga kerja Indonesia di 2045 itu akan bisa atasi digitalisasi ini,” tutupnya. (TimViva)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *