Home / Peristiwa / Pelebaran Jalan Tiban Indah ke Mentarau
Kantor Kecamatan Sekupang

Pelebaran Jalan Tiban Indah ke Mentarau

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana akan melakukan pelebaran jalan di wilayah Tiban Indah, Kecamatan Sekupang. Pelebaran jalan tersebut tepatnya akan diawali dari Jalan Gajah Mada menuju ke arah Tiban Mentarau. Proses pelebaran jalan rencananya akan dilaksanakan oleh Pemko Batam pada tahun 2019 mendatang. Namun untuk pendataan dan sosialisasinya sudah dimulai sejak akhir tahun ini.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, untuk saat ini Pemko Batam masih menunggu persetujuan dari pihak warga yang kemungkinan akan terkena imbas dari pelebaran jalan tersebut.

“Kita tunggu surat persetujuan warga. Walaupun ini tanah negara, tetap kita tidak main hantam saja,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi, di Sekupang, Senin (6/11).

Pihak Kecamatan sekupang melalui Camat Sekupang, Muhammad Arman mengatakan bahwa dari bulan kemarin (oktober) pihak kecamatan sekupang sudah mulai melaksanakan sosialisasi. Tahap awal sosialisai tersebut dimulai dengan mengadakan pertemuan antara warga yang berada di Kelurahan Tiban Indah dengan pihak kecamatan.

“Bulan kemarin sudah mulai sosialisasi. Tepat setelah Pak Wali buat kebijakan jalan ini akan diperbesar. Pak Wali minta warga dikumpulkan supaya saat pelaksanaan tidak ada yang komplain,” ujarnya.

Dalam pertemuan awal, sosialisasi diikuti oleh sekitar 50 warga yang memiliki bangunan di sepanjang jalan yang akan dilebarkan. Menurut Arman, jumlah warga kemungkinan terkena dampak pelebaran tersebut bisa lebih banyak lagi, karena yang diundang di tahap awal ini hanyalah warga yang memiliki bangunan besar saja.

Pada pertemuan awal tersebut, warga Tiban Indah pada prinsipnya tidak masalah dengan adanya rencana pelebaran jalan dari Pemerintah. Namun, pihak Kecamatan Sekupang kemungkinan akan kembali mengadakan pertemuan untuk meminta persetujuan secara tertulis dari warga.

Baca Juga  Pemko dan BNN Melakukan Tes Urine ke Camat Lurah Batam

“Nanti kita buat berita acara bahwa untuk pelaksanaan pelebaran jalan nantinya masyarakat betul-betul mendukung. Dan itu baru Tiban Indah, belum masuk yang Patam Lestari. Kita data dulu, masih mau kita kumpulkan,” kata Arman.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur mengatakan, ukuran lebar jalannya nanti akan disesuaikan dengan Pengalokasian Lahan (PL) warga dan negara.

“Bisa jadi dua atau tiga lajur tiap jalur. Kita lihat kondisinya nanti. Jalannya akan dibuka sampai ke Mentarau. Ini nanti jadi cikal bakal ring road ke Jodoh,” tutupnya. (MCB/editor:yd)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Muslim Batam Jemput Ramadhan dengan Mengaji Massal

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Forum Silaturahmi Dewan Kemakmuran Masjid (Forsil DKM) mengadakan Batam Mengaji, Menjemput Ramadhan. Kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *