Home / Daerah / Batam / Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Kepsek)
Yendri sarman selaku kepsek SDN 001 Batam Kota membuka OJL PKBKS jumat (16/11/17) (Foto : Dian HT)

Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Kepsek)

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam rangka menyukseskan program pemerintah tentang Generasi Emas 2045, pemerintah pun mempersiapkannya dengan sejumlah pelatihan, seperti yang telah dilaksanakan oleh P4TK penjas dan BK kementerian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan penjas, dengan kegiatan pendampingan On Job Learning (OJL), yakni pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk kepsek (PKBKS) di SDN 001 Batam Kota, jumat (16/11/17).

Dengan narasumber Roni syahroni, M. Pd, selaku instruktur dari P4TK penjas BK bogor, P4TK penjas dan BK kementerian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan penjas dan bimbingan konseling melaksanakan kegiatan in-on-in kepada kepsek dengan jadwal pelaksanaan tanggal 19-25 oktober lalu kegiatan in-1 berlangsung di SDN 001 Batam Kota , kegiatan on dilaksanakan 26 oktober – 15 november, pendampingan on tanggal 16 – 19 november, in-2 tanggal 20 – 23 november 2017 di tiga tempat, SDN 001 Batam kota, SDN 001 Batu Aji, dan SMPN 12 Batam. Sedangkan untuk pelaksanaan postest, untuk peserta wilayah Batu aji dan sagulung akan dilaksanakan di SMKN 1 Batam, untuk peserta wilayah batam kota akan dilaksanakan di SDN 001 Batam Kota, dan untuk peserta kepsek SMP akan dilaksanakan di SMPN 6 Batam.

Roni mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini, adalah untuk uji kompetensi bagi guru dan kepsek seperti yang sudah diarahkan oleh Kemendikbud direktorat jenderal pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan penjas, sebab dari guru yang berkualitas akan ciptakan siswa yang berkualitas. Peserta itu sendiri hanya yang memiliki nomer ukg/ukks saja yang bisa mengikuti pelatihan. Jumlah peserta terdiri atas 20 kepsek SD dari sekupang, 19 kepsek SD dari Batu Aji dan Batam Kota, dan 20 peserta kepsek SMP terpilih kota batam (total 79 peserta hasil pilihan dari ukks).

Baca Juga  SMKN 2 Batam, Nofrizal : Kami Tidak Memberlakukan Pemantapan

Untuk pos test, bagi peserta kepsek SD akan dilaksanakan di SMKN 2 Batam (bagi peserta kepsek wilayah Batam kota), lalu di SMKN 1 Batam untuk peserta kepsek wilayah Batu Aji dan Sagulung, dan di SMPN 6 Batam bagi peserta kepsek SMP, yng serentak dilaksanakan tanggal 25 – 30 November 2017.

Dalam kegiatan OJL PKBKS itu sendiri jelas Roni, dari kemendikbud menuju ke fasilitator, yang bertugas untuk menyampaikan rangkaian pelatihan itu untuk para kepsek, sehingga dikatakan Roni lagi, fasilitator itulah yang dipersiapkan terlebih dulu dengan memberikan pelatihan kepada mereka dan kemudian menularkannya kepada para peserta yakni kepsek yang terpilih.

Usai pendampingan, kepsek SDN 001 Batam Kota, Yendri Sarman selaku tuan rumah pelaksanaan OJL PKBKS mengatakan dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan ada peningkatan kompetensi dalam melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah dan nilai UKKS merekapun meningkat.(dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *