Home / Pendidikan / Pelatihan Paskibra Sekolah se-Kota Batam (PASKAB)
Pembina senior PPI kota batam Rizky saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan Paskab SMA/SMK/ MA sekota Batam

Pelatihan Paskibra Sekolah se-Kota Batam (PASKAB)

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Tahun 2017, kembali Purna Paskibra Indonesia (PPI) kota Batam membuka pelatihan paskibra sekolah sekota Batam (PASKAB), yang dibuka dengan upacara, sabtu (14/1) pukul 16.00 – 18.00 di kantor Dispora Batam, dan dilanjutkan minggu (15/1) pukul 06.00 – 10.00 di lapangan Engku Putri Batam Centre sebagai awal rangkaian pelatihan Paskibra.

Pelatihan ini sudah menjadi program rutin tahunan PPI kota Batam memberikan pelatihan Paskibra kepada siswa SMA/SMK sekota Batam khususnya kelas X.

Rangkaian upacara pembukaan dan pelatihan paskab kota Batam di Dispora dan Engku Putri

Kepada Hangtuah Pos sebelum upacara pembukaan pelatihan, Rizki, pembina senior PPI kota Batam mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan program tahunan Purna Paskibra Indonesia (PPI) kota Batam, dimana melatih tim Paskibra sekolah Batam yang nantinya mereka akan membina teman-temannya, siswa sekolah yang lain. “Gabungan tim Purna Paskibra Indonesia (PPI) dibantu dengan tim Paskibra sekolah (PASKAB) untuk membina adik-adik, siswa siswi sekolah yang lain agar lebih baik dalam hal Paskibra. Kita disini tidak melihat kriteria tertentu asal minat kepada paskibra. Peserta pelatihan saat ini berjumlah 300 siswa dari sekolah sekota batam, ” ujar Rizki.

Tujuan pelatihan ini sendiri, lanjut Rizki, bukan untuk menyeleksi PASKAB, jadi hanya untuk memberikan ilmu tentang Paskibra dan mereka yang sudah mendapatkan pelatihan agar bisa menjadi mentor bagi siswa yang lain, dan yang diutamakan untuk siswa kelas X.

“Personil PPI sendiri total 583 orang, paling tertua sejak 1988 purna di Palembang waktu itu. Kita membina generasi muda dengan gerakan Paskibra sekolah, tidak hanya PBB yang diajarkan, namun mencakup dalam banyak hal, kedisiplinan, wawasan pengetahuan umum, pembinaan karakter, juga untuk mengurangi kenakalan remaja dengan kegiatan positif. Pelatihan di Batam sendiri sudah sejak 2007, mulai booming mulai tahun 2014 dan lahirlah Paskibra sekolah kota Batam (PASKAB) yang dibina oleh PPI kota Batam.

Baca Juga  Kompetisi Paskibra Gardabrama (1st Kompasgar) MAN 2 Batam

Pelatihan ini dilakukan tiap 3 bulan, yakni bulan januari – maret, setiap hari sabtu sore dan minggu pagi, lepas maret, tetap ada program paskab go to school, yaitu mendatangi sekolah-sekolah untuk menggelar pelatihan gabungan, yang dilaksanakan hari sabtu saja dalam sebulan 2 kali pertemuan, program ini justru mendatangi sekolah yang masih belum ada paskibranya sehingga memacu sekolah tersebut membuat ekskul paskibra,” ulas Rizki.

Sabtu (14/1) tepat pukul 16.00 digelar pembukaan pelatihan PASKAB dengan upacara yang dipimpin oleh pembina upacara, ketua PPI kota Batam Desniko Garfiosa. Usai upacara, dilanjutkan dengan pengenalan yel-yel PASKAB kepada peserta, lanjutan dari kegiatan interaktif peserta dengan pembina PPI kota Batam dan anggota PASKAB, pembacaan tata tertib selama mengikuti pelatihan PASKAB yang harus ditaati oleh peserta. Minggu (15/1) di lapangan Engku Putri, kegiatan diisi dengan pembentukan ketua regu, jogging ke alun-alun, pemanasan, lalu ditutup dengan makan bekal yang di bawa peserta. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *