Home / Daerah / Natuna / Pawai Ta’aruf MTQ ke-IX Natuna Dipadati Ribuan Masyarakat

Pawai Ta’aruf MTQ ke-IX Natuna Dipadati Ribuan Masyarakat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Natuna – Ribuan masyarakat Natuna dari berbagai belahan wilayah kepulauan di Natuna memadati halaman astaka MTQ ke-IX, untuk menyaksikan pawai Ta’aruf di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Selasa (27/3). Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Natuna Hamid Rizal itu, diikuti belasan peserta dari 15 Kecamatan. Tidak sedikit peserta dari masing-masing kafilah, untuk menampilkan tarian kolosal bahkan kesenian daerah berupa Kuda Lumping dan Kesenian Kompang.

Tarian kolosal itu menceritakan lahirnya nabi Muhammad SAW, bahkan perang pada jaman jahiliyah. Selain itu, juga ada yang menampilkan karikatur alat tempur tank Leopard milik TNI AD beserta seragam lengkap.

Turut tampil juga perahu bagan yang mencirikhaskan nelayan. Setiap peserta berusaha menampikan hasil kreativitas mereka untuk mencuri perhatian dewan juri. Bahkan seluruh tamu undangan termasuk Bupati Natuna Hamid Rizal, dan anggota DPRD Natuna terpukau menyaksikan berbagai kemeriahan itu. Meskipun saat itu, cuaca panas menyengat dan peserta tetap setia berada di barisannya.

”Penampilannya sungguh luar biasa. Saya bangga melihat semangat dan kerja keras peserta, untuk memeriahkan perhelatan MTQ. Acara keagamaan ini harus meriah,” kata Hamid.

Di samping pawai Ta’aruf, seluruh kafilah harus menampilkan yang terbaik dalam setiap perlombaan. ”Harus jujur, jaga sportifitas dan itu yang saya mau. Dan harus tampil semaksimal mungkin,” harapnya.

Sementara itu, tidak sedikit para peserta yang kelelahan lantaran jarak tempuh yang lumayan jauh. Peserta harus berjalan kaki, dari lokasi start hingga lokasi astaka. Bahkan, peserta dari adik adik pelajar khususnya pemain musik drum band terlihat lusuh dan keringat mengucur deras di baju mereka.

”Belum lagi jalan kearah astaka tidak di aspal. Panas dan berdebu. Seharusnya jadi perhatian pemerintah dan panitia. Kasihan peserta pawai,” tutur Pendi, peserta pawai dari kafilah Kecamatan Bunguran Tengah. (hard-tpp)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kesenian Berbagai Daerah Warnai Sosialisasi Pemilu 2019

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Beragam kesenian ditampilkan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya dalam Rangka Menyambut Satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *