Home / Daerah / Batam / Pasien RSUD-EF Bisa Daftar Lewat SMS dan Daring

Pasien RSUD-EF Bisa Daftar Lewat SMS dan Daring

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pasien RSUD Embung Fatimah (RSUD-EF) kini bisa mendaftar melalui pesan singkat (SMS) dan website. Adapun nomor SMS pendaftarannya yaitu 08117738001.

“Untuk pasien lama cukup ketik PASIEN LAMA, dengan huruf kapital. Sedangkan pasien baru ketik PASIEN BARU, juga dengan huruf kapital. Nanti sistem akan mengirim SMS balasan yang meminta pasien lengkapi data,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim di Batam Centre, Senin (16/4).

Pendaftaran melalui SMS dapat dilakukan dua hari sebelum berobat. Jam pendaftaran mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan pendaftaran melalui website bisa dilakukan dengan mengakses https://rsudef.batam.go.id. Ketika masuk ke situs, pasien lama akan diminta untuk mengetikkan nomor rekam medik dan nomor induk kependudukan.Tapi jika belum pernah berobat ke RSUD-EF, bisa memilih “Belum Terdaftar Sebagai Pasien”. Dengan mengklik tulisan berwarna biru di bagian bawah kolom akan memunculkan halaman formulir pendaftaran pasien baru.

Salim mengatakan layanan pendaftaran daring (online) pasien RSUD-EF ini merupakan pengembangan dari aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Dan ke depan, Dinas Kominfo juga akan membangun sistem yang mengintegrasikan RSUD dengan Puskesmas.
Aplikasi untuk Puskesmas sudah diujicobakan di Puskesmas Sekupang. Dan secara bertahap akan diberlakukan di seluruh Puskesmas Kota Batam.

“Jadi sistem online di Puskesmas nanti akan terhubung dengan sistem online RSUD. Sehingga pelayanan semakin mudah, misal untuk upload rujukan,” sebutnya.

Tak hanya membangun sistem daring untuk RSUD dan Puskesmas, tahun 2017 lalu Kominfo juga membuat aplikasi perizinan online untuk Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam.

“Sebanyak 33 aplikasi dan 11 spipise kita buat untuk MPP di 2017. Tahun ini kita sudah bangun lagi delapan aplikasi dan siap digunakan. Sehingga untuk MPP sudah 42 jenis perizinan,” ujarnya.

Delapan perizinan baru yang sudah daring antara lain izin bursa kerja khusus, izin penampungan TKI, izin apotek, izin toko obat, izin praktik dokter, izin toko alat kesehatan, izin perbekalan kesehatan rumah tangga kategori tertentu, dan izin usaha mikro obat tradisional.
“Selain itu juga ada aplikasi perizinan online kecamatan (APOK) yang terdiri dari lima non perizinan. Target kita ada 26 perizinan lagi yg dibuat tahun ini, alhamdulillah sampai April ini sudah selesai 8 perizinan sisanya sebanyak 18 akan kita tuntaskan sebelum akhir tahun,” kata Salim. (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *