Home / Budaya / Pantun Nasehat
TMII Riau Pavilion Malay House
TMII Riau Pavilion Malay House

Pantun Nasehat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, [Batam] – Tahukah Anda bahwa masyarakat Indonesia juga memberikan pendidikan moral kepada generasi bangsa dalam bentuk karya sastra?

Salah satu media yang dimanfaatkan adalah pantun nasehat. Tidak seperti pantun jenaka, yang tujuannya adalah untuk menghibur orang-orang, pantun nasehat memiliki tujuan untuk memberikan pengajaran. Pengajaran yang dimaksud hal-hal yang patut dan tidak sepatutnya dilakukan di kehidupan bermasyarakat.

Contohnya saja, mengenai sikap gotong royong yang disebut sebagai salah satu keistimewaan yang dimiliki masyarakat Indonesia. Mungkin kamu pernah menemui beberapa pantun nasehat yang menginginkan masyarakat di negeri ini untuk selalu mengingat azas tersebut demi keutuhan bangsa dan negara.

Nah, selain itu, nilai-nilai moral lain seperti jangan berbohong kepada orang lain juga sering disinggung dalam isi berbagai pantun nasehat. Sikap-sikap sederhana seperti inilah yang ingin diajarkan kepada generasi penerus bangsa melalui media yang sederhana pula dan cukup menyenangkan.

Nah, apakah Anda pernah menulis atau menyusun sebuah pantun nasehat? Bagaimana pendapatmu mengenai keefektifan pantun nasehat untuk digunakan sebagai media pendidikan moral? Mungkin beberapa orang berpikir bahwa pantun saja tidak cukup untuk dapat menyampaikan pesan moral secara utuh kepada target pengajaran.

Selain itu, kemasannya yang berupa pantun seringkali tidak dianggap serius oleh beberapa orang. Bagaimanapun itu, pantun nasehat dapat dijadikan awal yang baik dalam mengenalkan nilai-nilai yang seharusnya diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.
Tentu saja, pendidikan moral tidak cukup sampai disitu saja. Kita harus menyadari bahwa pendidikan seperti ini harus dilakukan secara berkelanjutan dan serius supaya hasil yang didapatkan sesuai dengan ekspektasi kita, tanpa sedikitpun berusaha mengekang kebebasan seseorang untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan kehendaknya.

Baca Juga  Pantun - Nasehat

Jadi, penting bagi kita untuk mengetahui pantun nasehat yang baik dan benar.

Lihat Kumpulan Pantun Nasehat DISINI.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Ilustrasi : Tari Persembahan

Tari Persembahan Kebanggan dan Ikon Bangsa Melayu di Riau dan Kepulauan Riau

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Tari persembahan merupakan salah satu tarian yang menjadi kebanggaan dan icon seni masyarakat melayu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *